Sukses

Menghilangkan Stretch Mark & Mengencangkan Perut Setelah Melahirkan

19 Oct 2014, 05:32 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dok,,apakah skretchmark dapat di hilangkan??dan bagaimana pengobatan serta mengencangkan kembali perut gelambir bagi yang sudah melahirkan??ty dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Stretch mark terjadi karena peregangan kulit yang berlebihan dalam waktu singkat seperti pada kehamilan, pada peningkatan atau penurunan berat badan yang terlalu cepat, atau akibat pemakainan obat steroid sehingga kulit kehilangan elastisitasnya. Munculnya stretch mark dipengaruhi oleh genetik atau keturunan.

Usaha untuk menghilangkan stretch mark sangat sulit untuk dilakukan karena pada dasarnya stretch mark terbentuk karena rusaknya elastisitas kulit, sehingga terbentuk garis-garis pada kulit. Karena secara anatomi kulit sudah mengalami kerusakan, maka stretch mark yang sudah terjadi tidak dapat dihilangkan 100%, namun hanya bisa diminimalisir dengan menggunakan krim secara teratur disertai dengan melakukan tindakan-tindakan medis.

Untuk mengembalikan bentuk tubuh dan mengencangkan perut seperti semula, Anda dapat melakukan olah raga. Olah raga sebaiknya dilakukan bertahap setelah beberapa waktu dari proses penyembuhan yang berlangsung sempurna.

 

Hal ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada otot tubuh anda untuk beradaptasi terlebih dahulu. Olahraga dapat dimulai dengan melakukan olahraga aerobik, seperti jogging, bersepeda, dll yang memiliki intensitas ringan hingga sedang. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan otot terlebih dahulu. Untuk olahraga ketahanan seperti angkat beban dan alat-alat lain untuk mengencangkan otot-otot tubuh, misal otot perut, lakukanlah mulai dari intensitas ringan terlebih dahulu baru dinaikkan secara bertahap. Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri untuk mengembalikan bentuk tubuh Anda seperti semula. Memang merupakan suatu hal sulit untuk mengembalikan perut ke kondisi semula pasca melahirkan, karena itu diperlukan kesabaran dan latihan teratur untuk mengencangkan kembali otot perut Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar