Sukses

Penanganan Sakit Maag dan Hepatitis A

19 Oct 2014, 21:35 WIB
Pria, 37 tahun.
sudah sejak lama saya mempunyai masalah lambung. beberapa waktu yang lalu saya merasa kesakitan pada daerah perut, ulu hati, sampai dada. dan setelah saya periksakan ke dokter katanya asam lambung saya naik. keadaan tersebut sempat berlangsung bebepara kali sampai akhirnya saya sempat opname di rumah sakit selama 2 minggu dan ternyata kena liver (hepatitis A). apakah penyakit lambung yang sudah parah bisa berpengaruh ke liver? atau sebaliknya, penyakit liver mempengaruhi lambung? apakah penyakit hepatitis A bisa kambuh lagi? bagaimana cara mencegahnya? sementara itu dulu, terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Izinkan kami menjelaskan tentang kemungkinan penyebab nyeri perut. Nyeri perut dapat disebabkan beberapa hal, diantaranya adalah masalah pada otot, gastritis (peradangan lambung), GERD, duodenitis, dan gangguan pencernaan lainnya. 

Berdasarkan cerita Anda, sepertinya ada masalah saluran cerna. Namun kami tidak dapat mendiagnosis hanya dengan informasi yang terbatas dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik. Untuk sementara, hindari makanan yang memicu peningkatan asam lambung (pedas, asam, berlemak, alkohol, rokok, soda),  hindari stres, makan teratur 3x/hari porsi makan sedikit-sedikit tapi sering, selalu makan snack diantara makan besar. Jika penyebabnya gastritis maka diperlukan obat untuk menurunkan asam lambung. Anda dapat mengkonsumsi obat penekan asam lambung yang dijual secara bebas seperti antasida. 

Terkait penyakit liver hepatitis A, sebenarnya penyakit ini dapat sembuh total. Namun jika pertanyaan Anda apakah bisa kambuh? tentu bisa saja kambuh lagi. Perlu diketahui bahwa hepatitis A adalah penyakit terkait kebersihan dan menular secara fekal-oral. Yang berarti jalur masuknya melalui mulut, akibat makanan atau kebersihan yang kurang.

Diperlukan lebih banyak informasi untuk  mengetahui diagnosis dari kondisi kesehatan Anda. Juga diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Jika keluhan sangat mengganggu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan sehingga kondisi Anda dapat segera ditentukan dan ditangani secara optimal.  

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar