Sukses

Kista Coklat

03 Jul 2014, 15:24 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dear doctor, Sebulan yang lalu saya baru menjalani operasi usus buntu, dan sesuai dengan prosedur dilakukan kontrol kesehatan ke bagian penyakit dalam, gynecology dan test lab. Dan saat melakukan check up ke bagian gynecology, diketahui bahwa terdapat kista sebesar 2x2.5 di rahim saya. Teman saya yang merupakan mahasiswa kedokteran berpendapat bahwa hal tersebut merupakan kista coklat atau biasa disebut dengan endometriosis. Sudah berbulan bulan saya mengalami haid yang tidak teratur(biasanya terlambat sekitar 2 minggu) dan selalu merasakan nyeri bahkan seminggu sebelum haid dan hampir selalu mengalami diare pada saat haid. Mohon informasinya mengenai simtom dari endometriosis dan hubungan endometriosis dengan psikologi serta kesuburan rahim. Terima kasih. Salam sehat.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Lapisan rahim terdiri atas 3 lapisan, perimetrium yaitu lapisan bagian luar, miometrium yaitu lapisan otot polos yang berada di tengah, dan lapisan endometrium yang umumnya meluruh ketika terjadi menstruasi. Endometrium umumnya hanya berada di dalam rahim. Endometriosis adalah lapisan yang menyerupai endometrium tumbuh dan ditemukan di luar rahim, umumnya pada indung telur, saluran tuba, dan panggul.

Lapisan endometrium yang terdapat di luar rahim juga berespon terhadap siklus menstruasi, sama seperti lapisan endometrium di dalam rahim dimana pada menstruasi, lapisan endometrium akan meluruh dan berdarah, baik lapisan yang terdapat di dalam maupun luar rahim. Akibat peristiwa ini, setiap kali haid, lapisan tersebut menghasilkan darah haid, yang akan terus menerus tertimbun dan menjadi kista.

Bagaimanapun juga lapisan endometrium yang berada di luar rahim tidak memiliki jalan keluar untuk perdarahan yang dialaminya setiap bulan sehingga lapisan disekitarnya akan meradang dan membengkak. Kista yang terdapat di dalam indung telur akibat dari endometriosis disebut dengan endometrioma.

Endometrioma atau kista endometriosis coklat ini merupakan tahapan akhir dari akumulasi perdarahan akibat endometriosis. Keduanya dapat menyebabkan nyeri sewaktu haid dan gangguan kesuburan.  Endometriosis dapat diobati dengan menggunakan analgetik atau antinyeri untuk mengurangi rasa sakit sewaktu menstruasi, terapi hormonal ataupun operasi. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat (EA)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar