Sukses

Kapan Bisa Hamil?

20 Oct 2014, 01:36 WIB
Wanita, 21 tahun.
dok apa benar ada ada saat dimana wanita meskipun suaminya melakukan ejakulasi di dalam vagina tetapi wanita tidak akan hamil ? kalau ada kapan saat itu ?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda

Wanita dapat hamil saat pria melakukan ejakulasi di dalam vagina terutama pada saat wanita sedang dalam masa subur, diluar masa subur masih dapat terjadi kehamilan namun sangat jarang.

Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir.

Untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumusnya:

  • Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
  • Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 

Saat ini Anda baru mencatat siklus haid 4 bulan terakhir, kami sarankan catat terlebih dahulu siklus haid Anda dalam 6 bulan terakhir untuk mengetahui masa subur Anda.

Masa subur (ovulasi) akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.  Karena itu coba fokuskan untuk berhubungan sekitar masa subur tersebut. Berhubungan seksual sehari setelah selesai haid kemungkinan tidak dapat menyebabkan kehamilan. Yang dimaksud tidak ovulasi berarti Anda sedang tidak berada di dalam masa subur. Jika Anda sedang tidak berada di dalam masa subur, berarti jika Anda berhubungan seksual dengan suami tanpa mennggunakan pengaman, kemungkinan Anda untuk hamil sangat kecil. Oleh karena itu, jika Anda sedang berpogram untuk hamil, disarankan Anda untuk berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman selama Anda berada pada masa subur. 

Melakukan hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi maka kemungkinan terjadi pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (EA)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar