Sukses

Mengencangkan Payudara dan Warna Puting

17 Mar 2016, 10:08 WIB
Wanita, 21 tahun.

saya ibu muda, umur saya 21 tahun, ingin bertanya dok, bagaimana cara mengencangkan kembali payudara yang kendur dan melorot. dan apakah puting yang kehitaman bisa dikembalkan lagi menjadi coklat muda seperti dulu ? payudara saya menjadi tambah besar tapi melorot dan tidak kencang, bkn karena usia, saya menduga karena suami saya terlalu serimh meremas2nya hampir setiap hari. apakah dugaan saya benar?

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke penjawaban dr. Dina Kusumawardhani.

Mengencangkan Payudara dan Warna Puting

Payudara Kendur

Seiring dengan pertambahan usia, jaringan kulit dan jaringan ikat pada payudara akan berkurang ke-elastisitasannya.  Berbagai metode yang diajurkan untuk mengembalikan kekencangan payudara, dengan obat ataupun pengolesan krim, belum terbukti kebenarannya melalui suatu penelitian. Meremas payudara tidak berhubungan dengan kendurnya payudara.

Namun jika Anda menginginkan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik yang dapat melakukan beberapa tindakan rekonstruksi payudara untuk menambah kekencangan payudara, antara lain dengan memberikan implan payudara atau dengan menambahkan lemak ke dalam payudara.

Warna Puting

Puting susu adalah sebuah proyeksi kecil kulit sirkular tempat keluarnya ASI. Daerah puting susu merupakan batas tempat bermuaranya 15-20 saluran kelenjar susu sehingga memiliki warna yang berbeda dari sekitarnya. Selain itu, warna daerah puting susu juga dipengaruhi oleh penumpukan dua macam pigmen, yaitu eumelanin coklat (pigmen coklat), dan pheomelanin (pigmen merah). Proporsi jumlah kedua pigmen ini umumnya ditentukan secara genetik dan akan mempengaruhi warna daerah puting susu (dari kuning pucat hingga hitam). Namun terdapat kecenderungan bahwa orang yang berkulit putih akan memiliki warna puting susu yang lebih pucat, sedangkan orang berkulit hitam akan memiliki warna puting susu yang lebih gelap.

Selain faktor-faktor di atas, warna puting susu dapat pula mengalami perubahan sebagai respon terhadap perubahan hormonal karena menstruasi, kehamilan, pengobatan tertentu, dan proses penuaan. Pada beberapa orang, perubahan warna puting susu yang terjadi pada kehamilan dapat berangsur kembali ke warna aslinya beberapa saat setelah melahirkan.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Serba-Serbi Implan Payudara

Giimana Sih, Payudara yang Normal?

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar