Sukses

Kemana Menghilangnya Benda Asing di Mata?

19 Oct 2014, 04:17 WIB
Pria, 22 tahun.
Kemana perginya kotoran seperti debu atau kerikil yg masuk ke dalam mata? Karena saya sering perjalanan jauh menggunakan motor. Sering kali saat berkendara, mata kemasukan kotoran, dan tinggal di kedip2 atau d kucek saja sudah tidak terasa perih lagi.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Debu, kerikil, pasir, serpihan kayu, atau benda lainnya yang masuk ke dalam mata disebut sebagai korpus alienum. Korpus alienum biasanya mengenai daerah kornea (lapisan putih mata) dan konjungtiva. Trauma pada mata akibat benda asing bisa bersifat ringan (superfisial) atau berat (intraokular, masuk ke dalam mata). Trauma mata ringan pada kornea biasanya akan menyebabkan reaksi inflamasi (peradangan) dan pelebaran pembuluh darah sehingga mata tampak merah.

Mata secara alami memiliki pertahanan sendiri untuk melindungi diri dari benda asing. Diantaranya adalah kelopak mata yang akan segera menutup secara spontan jika ada benda asing agar mencegah benda tersebut masuk ke dalam mata atau saat ada cahaya silau. Bulu mata juga membantu melindungi mata dari benda asing.

Saat kelopak mata berkedip, cairan  mata akan menyebar ke seluruh permukaan mata dan menjaga kelembabannya. Air mata yang dihasilkan oleh kelenjar lakrimalis dapat menjerat dan membuang partikel-partikel kecil yang masuk ke dalam mata. Selain itu, air mata juga mengandung antibodi yang dapat mencegah infeksi.

Ketika berkedip, kelopak mata membantu menyebarkan cairan ke seluruh permukaan mata dan ketika tertutup, kelopak mata mempertahankan kelembaban permukaan mata.
 
Berikut kami lampirkan artikel mengenai kesehatan mata:
 
Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar