Sukses

Gigi Anak Belum Tumbuh dan Nutrisi Anak

01 Jul 2014, 16:27 WIB
Wanita, 21 tahun.
Asalamualaikum,, dok Anak saya usia satu tahunn lebih satu bulan,tapi sampe sekarang giginya belum tumbuh terus rambut Nya juga hanya sedikit.. Yang ingin saya tanyakan apa itu wajar atau bermasalah?? Lalu minuman Dan makanan apa yang harus di berikan?? Berat Nya 9kg Dan Susu Nya susu asi.. Trimakasih wasalam..

Terima kasih telah menggunakan layanna e-konsultasi klikdokter

Waktu pertumbuhan gigi sulung pada anak sebetulnya bervariasi dan dipengaruhi terutama oleh faktor genetik. Rata-rata, bayi yang normal saat berusia 12 bulan keenam gigi depannya sudah tumbuh, namun ini tidak menjadi patokan dan bukan berarti bila belum tumbuh maka berarti anak tidak normal. Status gizi ibu saat hamil dan gizi anak setelah lahir juga turut mempengaruhi, selain itu ada juga penyakit-penyakit berat yang diderita ibu saat hamil yang menyebabkan gangguan tumbuh-kembang gigi anak. Meski presentase kejadiannya tidak begitu besar, penundaan pertumbuhan gigi sulung juga dapat disebabkan karena kondisi yang diderita anak, misalnya hipopituitari (gangguan fungsi kelenjar hipofisis), atau hipotiroidisme. Bisa juga benih gigi memang tidak ada karena gangguan tumbuh kembang.

Bagaimana dengan pola makan anak selama ini? Jika anak Anda terbiasa diberi makanan yang lunak, coba mulai berikan makanan yang lebih bervariasi dan sedikit demi sedikit dibiasakan makan makanan yang lebih keras. Misalnya kalau selama ini hanya diberi biskuit bayi, bisa mulai diberi bubur yang diblender dicampur dengan sayur-sayuran dan daging. Pada intinya makanan yang lunak kurang menstimulasi pertumbuhan gigi dan tulang rahang pada anak, justru harus dibiasakan makanan yang sedikit keras. Boleh juga dibantu dengan mainan anak yang bisa digigit-gigit, tentunya dengan memperhatikan kebersihan mainannya dan harus sering dibersihkan.

Jika masih belum ada tanda-tanda sama sekali akan tumbuhnya gigi sulung anak Anda (garis putih di gusi yang agak keras saat diraba,anak rewel sering menangis dan menggigit-gigit benda apapun, dan terkadang disertai demam), ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi spesialis gigi anak (drg. Sp.KGA). Dengan pemeriksaan secara klinis dan wawancara yang lebih mendalam mengenai riwayat penyakit Anda kemungkinan dapat diketahui apakah ini kondisi normal atau ada kelainan tertentu yang harus segera diatasi.

Mengingat usia anak Anda sudah lebih dari 1 tahun, artinya anak sudah bisa memakan makanan keluarga (makanan yang biasa dimakanan sehari-hari oleh anggota keluarga), terutama makanan padat. Makanan yang diberikan harus mengandung karbohidrat (nasi, roti, kentang sereal), protein (daging, ikan, telur), lemak (daging, telur, keju, susu), vitamin dan mineral (sayur, buah, kacang-kacangan). Kebutuhan ASI untuk anak 1 tahun tidak seperti saat masih bayi karena ASI saja tidak akan cukup memenuhi kebutuhan anak. Jika anak kurang nafsu makan sebaiknya kurangi pemberian ASI atau susu formula dan camilan tinggi gula lainnya karena dapat memberikan rasa kenyang sehingga anak tidak mau makan nasi.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai nutrisi anak:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klkdokter

0 Komentar

Belum ada komentar