Sukses

Painful Mammae Abberant

19 Oct 2014, 04:26 WIB
Wanita, 25 tahun.
Siang dok, saya mau tanya penyakit saya (benjolan diketiak kanan) yg di diagnosa Panful Mamae Abrants tlah dilihat dr hasil mamografi. dokter yg bersangkutan menyarankan untuk dilakukan tindakan operasi. Sakit yg saya rasakan nyeri di sekitar payudara dan ketiak kanan, bahkan terasa pegal dilengan kanan. Yang saya tanyakan apakah penyakit ini berbahaya ? Apakah ada pengobatan lain selain operasi ? Dan penyebab penyakit ini apa ? trima kasih dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Mammae abberant disebut juga sebagai payudara asesoris / payudara tambahan, merupakan tumor kongenital (sejak lahir) yang jarang terjadi. Biasanya semakin jelas saat hamil atau menyusui. 

Payudara asesoris tumbuh disepanjang garis susu (milk line) yaitu dari daerah ketiak sampai lipat paha. Namun paling sering ditemukan di daerah ketiak. Payudara tambahan ini ikut menegang sesuai dengan siklus mens, dapat mempunyai puting susu malah kadang-kadang mengeluarkan air susu.

Sebagian besar mammae abberant bersifat jinak dan tidak memerlukan tindakan operasi. Namun jika sudah menimbulkan rasa nyeri dan mengganggu secara kosmetik maka sudah termasuk indikasi pengangkatan tumor (operasi). Tidak ada cara lain untuk menghilangkan mammae abberant selain operasi.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai kesehatan payudara:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter.

0 Komentar

Belum ada komentar