Sukses

Menonton TV Sebabkan Silinder Mata Bertambah?

18 Oct 2014, 23:36 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dokter, apakah menonton TV/memakai lap terlalu lama dapat menyebabkan silinder mata bertambah? Dan apa saja hal2/kegiatan yg membuat silinder mata bertambah?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Silindris disebut juga astigmatisme, merupakan kelainan refraksi pada kornea atau lensa mata. Hal ini disebabkan karena kelengkungan kornea atau lensa mata tidak seragam.

Kelainan reftaksi pada astigmatisme menyebabkan banyangan jatuh tidak pada satu titik, akhirnya menyebabkan benda tampak kabur. Hal ini terjadi karena kelengkungan kornea  atau lensa yang tidak simetris seperti bola.

Mata normal akan memiliki permukaan yang merata pada setiap arahnya, namun pada astigmatisme terdapat beberapa daerah pada permukaan yang sebagian rata atau cenderung dalam. Ibaratkan seperti telur atau bola rugby (normalnya seperti bola). Keadaan ini menyebabkan sinar yang masuk ke mata akan dibiaskan tidak pada satu titik fokus sehingga objek yang dilihat adalah tidak jelas dan berbayang. 

Pada umumnya, astigmatisme terjadi sejak lahir (genetik) dan sebagian lainnya karena trauma, penyakit atau riwayat operasi pada mata  

Pengobatannya dengan koreksi memakai kacamata, soft lens, atau dengan operasi (Lasik). 

Menonton tv tidak menyebabkan silinder bertambah. Namun tetap saja, jarak harus diperhatikan. Usahakan menonton TV pada jarak > 2 m, semakin besar layar televisi maka jarak aman untuk menonton juga bertambah. Selain itu, sebaiknya tidak menonton TV terlalu lama karena dapat menyebabkan kelelahan pada mata dan mata kering

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar