Sukses

Kaki Lemas Pasca Diare

19 Oct 2014, 18:05 WIB
Pria, 30 tahun.
Selamat pagi dokter , Bulan february yang lalu, saya mengalami diare yang parah sampai seminggu. Diare tersebut sembuh tapi setelah itu kaki sebelah kiri saya lemas dan nyeri dibelakang lutut , saya berapa kali terjatuh pada saat turun tangga, bahkan kesulitan untuk berdiri dari duduk. saya hanya mengunakan koyo saja untuk berapa lama dan sakit tersebut hilang sendiri. Namun hari ini sakit dan rasa lemas itu kambuh kembali , saya terjatuh dan tidak bisa bangun dari tempat tidur, kaki terasa lemas tidak bertenaga dan di belakang lutut terasa nyeri. Untuk informasi dokter , setelah saya sembuh dari diare bulan february itu, berat badan saya turun dan tangan saya lemas tidak bertenaga bahkan bergetar halus. Mohon informasi kira kira gejala apa ya dok? Dan langkah pertama untuk mmbantu meringankan rasa nyeri dan mengembalikan tenaga pada kaki, obat apa yang harus saya minum. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami membutuhkan beberapa informasi. Berapa lama diare yang Anda alami dan seberapa sering/hari? Apakah Anda sudah mendapatkan pengobatan atau perawatan dari dokter saat itu? Apakah ada keluhan lain seperti sering pusing, kekakuan otot, dada berdebar-debar, sesak napas, mual, muntah, perut kembung? Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan darah/memeriksakan diri ke dokter?

Keluhan lemas bisa disebabkan oleh banyak hal seperti asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah, hipokalemia, dan sebagainya. Diare yang berat hingga terjadi penurunan berat badan dapat menyebabkan gangguan keseimbangan elektrolit (natrium, kalium, klorida). Paling sering terjadi penurunan kadar kalium atau hipokalemia. Gejala hipokalemia berupa kelemahan otot, kekakuan otot, gangguan irama jantung, kelelahan, mual, muntah, dll. Untuk memastikan diperlukan pemeriksaan darah untuk menilai kadar elektrolit.

Namun, penyebab lemas yang lain juga belum dapat disingkirkan karena kami tidak melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Maka dari itu kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar