Sukses

Muntah Saat Menyikat Gigi

19 Oct 2014, 15:19 WIB
Pria, 21 tahun.
Pagi dok, Saya ingin bertanya , kenapa ya setiap pagi setelah bangun tidur itu tenggorokan saya rasanya serak sangat dan seperti ada liya' ( cairan putih kental yg dikeluarkan saat batuk) dan setiap saya sikat gigi seusai bangun tidur rasanya seperti tersedak/eneg dan saya selalu seperti hampir muntah. dan bahkan kadang saya sampai muntah pas sikat gigi. mohon penjelasnnya apakah ada yg salah atau yg kurang dan apa yg harus saya lakukan ? terimakasih .
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda ijinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah rasa mual yang Anda rasakan ketika membuang  busa bekas sikat gigi warnanya sedikit keruh? jika iya kemungkinan besar anda memiliki penyakit maag, warna keruh berasal dari asam lambung.  

Rasa mual atau reflek muntah dapat terjadi tidak hanya pada saat menyikat gigi tetapi juga pada saat perawatan gigi didokter. Pada setiap orang memiliki refleks muntah yang merupakan reaksi tubuh normal, untuk mencegah tersedak saat benda asing atau benda berbahaya memasuki saluran pernafasan atas dan paru-paru. Penyebab rasa ingin muntah juga bisa dikarenakan tenggorokan Anda terlalu sensitif. Terdapat bagian-bagian tertentu didalam rongga mulut yang sensitif terhadap sentuhan seperti pada langit-langit belakang, lidah bagian belakang dan amandel yang apabila tersentuh pada saat menyikat gigi akan menyebabkan timbul perasaan ingin muntah.

Faktor trauma karena muntah saat menggosok gigi juga bisa dijadikan salah satu penyebabnya. Penyebab lain yang sering terjadi adalah Anda menggosok gigi terlalu kencang,sehingga menekan bagian tenggorokan dan menyentuh langit tenggorokan. Umumnya refleks muntah lebih tinggi di pagi hari, oleh karena itu ada baiknya latihan yang memicu refleks muntah ini dilakukan pada siang/sore hari. Sementara Anda melakukan latihan ini, tetap lakukan penyikatan gigi seperti biasa meski perasaan ingin muntah tetap ada terutama saat akan menyikat gigi belakang. Untuk berhasil, Anda tidak boleh pantang menyerah sebab latihan ini membutuhkan proses sehingga pada akhirnya hipersensitivitas refleks muntah Anda sedikit demi sedikit akan berkurang.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca.

Sikat Gigi Nyaman Tanpa Muntah

Sikat Gigi

Nyeri Lambung Gejala Gastritris

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar