Sukses

Anak Menangis Setiap Ingin BAB

02 Jul 2014, 00:07 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dok, anak saya berusia 1,5 bulan. Setiap kali akan BAB anak saya menangis seperti ada yang sakit. Saya mengira anak saya sakit perut. Dan sakit perut itu berlangsung lama baru kemudian anak saya BAB. Setelah BAB baru tenang. Yang ingin saya tanyakan kenapa bisa begitu ya dok? Bahaya ga? Untuk anak usia 1,5 bulan. Normalnya itu BAB berapa kali dalam 1 hari? Dan bagaimana bentuk tinjanya? Mohon dibantu infonya ya dok. Terima kasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan pertanyaan. Apakah anak Anda mengkonsumsi susu formula ? 

Merujuk dari keluhan yang anak Anda rasakan. Kemungkinan keluhan menangis setiap ingin BAB dan tenang setelah BAB selesai karena kerasnya feses pada anak Anda. Penyebab utama masalah BAB pada anak secara ringkas adalah karena asupan makanan yang kurang dan kurangnya asupan serat didalam tubuh. Jika memang asupannya sedikit maka BABnya juga menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Sedangkan susu formula lebih sulit untuk dicerna, umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang, tinjanya lebih tebal. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB. Kurangnya asupan serat juga berpengaruh, karena akan membuat konsistensi feses anak Anda menjadi keras.
Konsitensi tinja yang normal adalah yang lembut, permukaan yang halus, dan cukup mudah untuk dikeluarkan, tidak terlalu cair dan tidak terlalu keras.  Mengenai frekuensi BAB pada masing-masing orang bervariasi, banyak faktor keseharian yang mempengaruhi.

Untuk informasi Anda, kami sertakan artike tentang penyebab dan solusi sulit BAB pada anak:

 4 Penyebab Anak Sulit BAB 

Inilah Arti Warna Tinja Pada Kesehatan Anda

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaatt. (DNA)

Salam,

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar