Sukses

Penanganan Jerawat Menahun

01 Jul 2014, 19:59 WIB
Pria, 21 tahun.
Dear dokter, saya adalah seorang mahasiswa tahap akhir yang memiliki masalah utama tentang jerawat. Keluhan ini sudah sangat lama mengganggu hidup saya, sudah sejak awal bangku SMP. Saya yakini penyebab utama keluhan saya saat ini berhubungan erat dengan faktor hormonal, stress, lingkungan, gaya hidup, maupun dengan kondisi kulit saya sendiri. Saya terlahir dengan kondisi kulit berminyak. Saya sudah berulang kali datang berobat ke dokter spesialis Kulit Kelamin khususnya, untuk melakukan pengobatan jerawat saya dengan option" yang tersedia. Keluhan ini belum sempat sembuh total dalam waktu yang lama, keluhan ini terus terusan hilang timbul nyaris seumur hidup saya. Pengobatan terakhir yang saya gunakan hingga saat ini dengan mengoleskan beberapa krim topikal anti acne, dan bantuan krim topikal kortikosteroid racikan yang digunakan sesuai resep dan anjuran yang hanya digunakan pada jerawat akut yang sedang meradang. Beberapa pengobatan invasif sudah saya lakukan, seperti injeksi antiinflamasi pada acne yang nyeri tidak tertahankan dan sedang meradang, APBL laser treatment, Chemical peeling, diamond dermabrasion, hingga ekstraksi acne. Sebelumnya saya sempat melakukan terapi kombinasi dengan mengkonsumsi antibiotik Doxicyclin 100mg 1x1 sesuai resep dokter pada saat acne sedang flare up pada saat itu. Selain itu saya sempat mengkonsumsi Isotreonin ( Roccacutane ) dalam jangka waktu lumayan lama sesuai resep dokter, namun dihentikan karena efek samping kulit kering yang ditimbulkan terlalu mengganggu. Intinya beberapa option terapi yang tersedia sudah saya coba, namun masalah jerawat yang saya alami masih sering hilang timbul. Yang saya khawatirkan adalah scarring permanent pada wajah. Saya berusaha mengkontrol keluarnya jerawat dengan mengatur diet, rajin beraktifitas olahraga ringan - sedang, hingga menghindari konsumsi alkohol dan kebiasan merokok. Lingkungan kerja saya memang saya akui memiliki tingkat stress mental tinggi, namun saya sudah berusaha mengkontrolnya dengan metode relaksasi, maupun mendengarkan musik disela waktu kosong. Langkah apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi atau setidaknya mengkontrol masalah jerawat yang saya alami ini dengan lebih efektif ya dok? Secara kosmetikum jerawat yang saya alami sudah sangat dirasa mengganggu dan saya takut apabila masalah ini berkepanjangan dapat menyebabkan gangguan pada mental yang mungkin tidak segera saya sadari. Mohon bantuan, saran, dan solusi dari dokter" sekalian. Terima kasih, Wassalam.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti rasa khawatir Anda dengan keluhan jerawat Anda. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang pencegahan jerawat. Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Merujuk pernyataan Anda, bahwa faktor resiko jerawat pada diri Anda adalah faktor hormonal, stress, lingkungan, gaya hidup, maupun dengan kondisi kulit Anda sendiri, dimana hampir semuanya memang merupakan faktor resiko munculnya jerawat. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. 

Bagaimana jenis kulit Anda? jika kondisi kulit Anda berminyak. Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Penanganan jerawat memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi.

Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah

Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti jenis jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis cairan kimia dan konsentrasi/ kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, penanganan jerawat juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin kembali untuk analisa faktor-faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah Anda.

Berikut artikel-artikel kami mengenai "Jerawat":

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (DNA)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.


0 Komentar

Belum ada komentar