Sukses

Perawatan untuk Gigi Berlubang

20 Oct 2014, 02:47 WIB
Wanita, 15 tahun.
dok, ayah saya mempunyai gigi rusak. giginya berwarna hitam semua,bahkan gigi gerahamnya habis terus giginya itu sedikit demi sedikit habis dok. kaya mengikis gitu. kira-kira mengatasinya dengan cara apa ya ? ditambal kah atau di implan2 gitu ?. oh ya dok ayah saya bilang katanya kalo giginya di pasang gigi palsu itu kuat enggak ? kalo gigi palsu di pasang ke gigi yang udah bolong itu bisa di pasang gak ? . kan gigi geraham ayah saya udah bolong bolong ya dok. nah kata ayah saya kalo di tambal itu kuat enggak dan bisa enggak nambal gigi di gigi yang bolong ? . di mohon jawabannya ya dok. oh ya ayah saya umurnya 36 tahun. terimakasih dok :)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pada prinsipnya gigi yang berlubang harus dilakukan perawatan dan jangan dibiarkan, apalagi ditunggu sampai ada keluhan atau rasa sakit. Perawatan pada gigi berlubang dilakukan tergantung dari kondisi lubang pada gigi itu sendiri seperti kedalam, letak, luasnya lubang serta gigi mana yang mengalami lubang tersebut dapat dilakukan dengan penambalan atau perawatan lainnya. Pada gigi yang berlubang dimana keadaannya sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan guna mempertahankan keberadaan dan fungsi gigi tersebut didalam rongga mulut maka pilihannya adalah pencabutan.

Pada gigi berlubang yang masih dapat ditambal maka dilakukan penambalan, kekuatan penambalan itu juga bergantung dari beberapa hal seperti jenis bahan tambal, keadaan gigi tersebut dan keterampilan dokter gigi yang melakukannya. Apabila memang gigi berlubang Anda harus dicabut maka tentu saja harus dilakukan pemasangan gigi palsu guna menggantikan fungsi gigi yang telah dicabut, dan mengenai jenis gigi palsu yang akan di gunakan bergantung dari kondisi gigi dan jaringan sekitarnya. Gigi palsu bermacam-macam yaitu gigi palsu lepasan dan permanen/cekat termasuk juga implan.

Sebaiknya Ayah Anda memeriksakan keadaan giginya ke dokter gigi guna mendapatkan perawatan dan solusi terbaik dari keadaannya.

Berikut beberapa artikel yang dapat Anda baca

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Implan di Bidang Kedokteran Gigi (5 Juli 2010)

Gigi Palsu Solusi Gigi Ompong

Penyebab Gigi Berlubang?

Cara Menyikat Gigi dan Kebiasaan Makan Picu Gigi Berlubang

Demikian informasi yang dapat kami berikan, smeoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

 

0 Komentar

Belum ada komentar