Sukses

Penanganan Mata Silindris

30 Jun 2014, 16:18 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dok, 6bln lalu saya periksa mata dan hasilnya mata kanan saya min 1,75, slindr 3,75, dan mata kiri saya min 1,5, slindr 3,75. Kata dkterny slindr mata saya lmayan tinggi. Saya melepas kacamata hnya pada saat2 tertenu sperti sholat, mandi dan tidur. Tapi saat saya menonton TV memakai kacamata dan mencoba menutup sebelah mata yaitu mata kanan, mata kiri saya dapat melihat dengan jelas, tapi jika saya menutup mata kiri, mata kanan saya tidak dpt melihat jelas (kabur). Apa yang menyebabkan mata kanan saya cepat bertambah slindrny seperti itu padahal saya selalu memakai kacamata. Begitupun jika saya bru stengah jam di dpan laptop mata kanan saya sudah perih sedangkan mata kiri saya tidak. Saya takut jika slindr mata saya terus bertambah parah dokter. Dan hal apa saja/kegiatan apa saja yg membuat slndr mata saya bertambah? Jawaban dokter sangat saya tunggu. Terima kasih sebelumnya..

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Silindris disebut juga astigmatisme, merupakan kelainan refraksi pada kornea atau lensa mata. Hal ini disebabkan karena kelengkungan kornea atau lensa mata tidak seragam.

Kelainan reftaksi pada astigmatisme menyebabkan banyangan jatuh tidak pada satu titik, akhirnya menyebabkan benda tampak kabur. Hal ini terjadi karena kelengkungan kornea  atau lensa yang tidak simetris seperti bola.

Mata normal akan memiliki permukaan yang merata pada setiap arahnya, namun pada astigmatisme terdapat beberapa daerah pada permukaan yang sebagian rata atau cenderung dalam. Ibaratkan seperti telur atau bola rugby (normalnya seperti bola). Keadaan ini menyebabkan sinar yang masuk ke mata akan dibiaskan tidak pada satu titik fokus sehingga objek yang dilihat adalah tidak jelas dan berbayang. 

Pada umumnya, astigmatisme terjadi sejak lahir (genetik) dan sebagian lainnya karena trauma, penyakit atau riwayat operasi pada mata  

Untuk mengatasinya dapat diberikan bantuan kacamata lensa silinder. Ini adalah cara yang paling mudah- seperti pada kasus anak Anda. Pemberian kacamata lensa silinder memang tidak bersifat merubah bentuk bola mata yang sudah ada, tetapi membantu agar sinar yang masuk ke mata menjadi dibiaskan pada satu titik fokus dan kemudian objek yang dilihat menjadi jelas. Namun kemajuan teknologi memberikan harapan dengan melakukan bedah refraktif lasik, yaitu dengan cara merubah kelengkungan yang tidak rata menjadi rata. 

 

Peran jus wortel atau vitamin A adalah pada kesehatan mata terutama pada bagian retina, namun tidak merubah bentuk kelengkungan kornea ataupun lensa. Namun, keduanya sangat baik untuk tetap dikonsumsi. 

Kacamata dengan lensa silinder dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mendapatkan penglihatan yang jelas. Tidak ada hubungannya antara menggunakan kacamata dengan mengurangi silinder.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar