Sukses

Susah BAB & Berdarah Ketika Makan Pedas

20 Oct 2014, 03:17 WIB
Pria, 39 tahun.
Saya mau tanya kalau sudah makan cabai atau sambal ataupun makanan yang mengandung pedas selain makan cabai membuat saya susah BAB atau seperti serpihan serbuk disertai adanya darah atau juga tidak mengkonsumsi kandungan pedas bisa BAB tapi pada dinding kotor ada darah, awal penyebabnya sudah cukup lama yaitu saat setiap pagi mau BAB dan belum selesai sudah diganggu dengan panggilan dari luar toilet akibatnya sampai saat ini kalau BAB jadi susahn dan di tambah jika makan makanan yang mengandung pedas semakin bertambah susah BAB dan berdarah seperti saya terangkan di atas tadi, please mohon penjelasaannya dan saya tidak lupa mengucapakan terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. BAB berdarah dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya wasir, polip usus besar, gastritis erosif (perlukaan pada lambung), kanker usus besar, lecet pada daerah anus karena feses yang keras (dan Anda mengedan), dan lain lainnya. Keluhan yang Anda rasakan bisa kemungkinan lecet pada daerah anus atau  terjadi wasir / hemoroid. Keadaan susah BAB dan sering mengkonsumsi makanan pedas merupakan faktor resiko terjadinya wasir. 

Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk menegakkan diagnosis ambeien, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter pada anus Anda.

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :
  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan) 
  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penangannya. 

Namun untuk menentukan diagnosa pasti penyebab dari keluhan Anda, Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah digestif untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut kami juga sertakan artikel berjudul:

Wasir (Hemorrhoid)

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

5 Gaya Hidup Bebas Wasir

6 Tips Mencegah Wasir

7 TIps Mencegah Sulit BAB

Mengenal Serat Lebih Dekat

10 Makanan Kaya Serat

Memenuhi Kebutuhan Serat Tubuh

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar