Sukses

Gigi Geraham Bungsu Tidak Kunjung Tumbuh Sempurna

20 Oct 2014, 01:23 WIB
Wanita, 20 tahun.
Mau tanya dok, kira-kira dibutuhkan berapa lama yaa untuk gigi geraham terakhir tumbuh sempurna. Gigi geraham terakhir saya, di sebelah kanan bawah dan kiri atas, baru tumbuh setengah sejak 2 tahun lalu, dan tidak tumbuh2 lagi, namun terkadang menunjukkan gejala seperti saat mau tumbuh pertama kali. Dan satu lagi pertanyaan saya dok, usia saya sudah 20 tahun, tapi masih ada gigi susu, gigi tetapnya juga belum muncul-muncul, itu gapapa dok ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan dimana gigi telah muncul 2 tahun yang lalu dan tidak kunjung tumbuh sempurna maka sepertinya gigi geraham bungsu (gigi molar tiga) Anda mengalami impaksi, yaitu kondisi gigi yang mengalami halangan untuk tumbuh secara normal di dalam lengkung rahang. Gigi impaksi dapat terbenam  seluruhnya dalam tulang, atau bisa juga hanya separuh mahkota yang berhasil menembus tulang dan gusi dan posisinya biasanya tidak tegak melainkan sedikit miring seperti yang terjadi pada gigi Anda. Sebagian permukaan mahkota gigi masih tertutup gusi. Sisa makanan mudah terselip dan sulit dibersihkan di bagian tersebut dan menjadi tempat pertumbuhan kuman, sehingga lama kelamaan gusi mengalami peradangan.

Pencabutan gigi yang impaksi memang tidak seperti pencabutan biasa, mengingat posisi gigi yang umumnya terletak di luar lengkung rahang normal atau miring, atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena tindakan ini merupakan operasi kecil dengan pembiusan lokal. Jika dilakukan sesuai prosedur, resiko komplikasi dapat ditekan seminimal mungkin.

Tidak bergantinya gigi susu Anda dengan gigi tetap pada usia Anda sekarang dapat disebabkan oleh karena tidak terdapatnya benih gigi tetap dan untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan foto x-ray maka untuk mengetahui kondisi sesungguhnya sebaiknya Anda periksakan ke dokter gigi.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca

Impaksi Molar Tiga

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar