Sukses

Gigi Ditambal Sementara dan Sariawan

19 Oct 2014, 23:46 WIB
Wanita, 22 tahun.
Halo dokter saya ingin menanyakan tentang kondisi yang saya alami , saya sudah mengalami sariawan hampir 2 bulan lebih dan itu ada di tempat yang sama di gusi gigi atas atau di dalam bibir atas , kadang-kadang mengecil dan membesar tidak tentu waktunya , apa itu termasuk kanker mulut? Saya sudah di beri obat oleh dokter klinik ,nama obat nya bufacomb... Dan saya ada gigi yang bolong saya sudah tambal tapi masih tambal sementara , saya tidak kembali lagi karena saya pikir gigi saya baik2 saja dan sudah ditambal juga.hehe , kurang lebih 6 bulan saya tidak kembali ke dokter gigi untuk tambal permanent. apakah berbahaya dok untuk kesehatan gigi saya karena tambalannya masih bersifat sementara ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan yaitu stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral. Penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol secara berlebihan tidak baik terhadap kondisi jaringan mulut Anda. Mengingat luka dalam rongga mulut dapat berindikasi beberapa penyakit ada baiknya Saudara berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis Oral medicine (SpOM) agar dapat dipastikan diagnosa dan penyebabnya, terutama bila sariawan tersebut berulang atau tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu.

Mengenai gigi Anda yang ditambal sementara sebaiknya kembali dilakukan perawatan oleh dokter gigi karena perawatan sebelumnya belum selesai dan apabila dibiarkan tanpa menyelesaikannya maka dapat membahayakan kesehatan gigi Anda. Saya menyarankan agar sebaiknya Anda segera kembali ke dokter gigi dan mematuhi jadwal kunjungan yang disarankan, jangan menunggu sampai gigi terasa ada keluhan.

Berikut artikel yang dapat Anda baca

Stomatitis Aphtous Reccurent/SAR (Sariawan)

Madu untuk Sariawan

Sariawan, Kurang Vitamin C?

 Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semooga bermanfaat.

Salam,

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar