Sukses

Cacar Air Pada Anak

29 Jun 2014, 10:09 WIB
Wanita, 35 tahun.
Slamat pagi dokter...saya mau nanya,anak saya umur 7 thn 8 bln tinggi 120 cm dan berat 20 kg skg sdg menderita penyakit cacar air/cangkrangen. Kira" utk betul" sembuh membutuhkan wkt brp hari ya?Sdh saya bw ke dokter kluarga tp hnya dpt obat puyer sm sirup batuk saja...krn selain cacar air jg batuk n pilek.Kian hari cacar airnya muncul kian byk...utk salepnya saya inisiatif pk Acyclovir.Apa ga pa"?Trus gmn dg pemakaian bubuk PK utk mandi? Apa blh?Pngn smua cacarnya yg kluar segera kering...kasian liatnya soalnya. Makasih utk jwbannya dokter.. ^_^
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Cacar air merupakan suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus varicela zooster. Pada dasarnya penyakit yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease), sehingga yang diperlukan adalah upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak anda dengan istirahat dan makan dengan gizi yang seimbang.

Pengobatan yang diberikan biasanya berupa pengobatan suportif/ simptomatik dan menjaga higienis yang baik agar terhindar dari infeksi sekunder. Untuk mengurangi rasa gatal dan mencegah penggarukan, sebaiknya kulit dikompres dingin. Bisa juga dioleskan losyen kalamin, antihistamin atau losyen lainnya yang mengandung mentol atau fenol.

Pengobatan antivirus seperti dengan asiklovir memang tidak perlu diberikan pada anak sehat. Asiklovir biasanya diberikan kepada remaja, karena pada remaja penyakit ini lebih berat. Asiklovir bisa mengurangi beratnya penyakit jika diberikan dalam waktu 24 jam setelah munculnya ruam yang pertama.

Umumnya, pada hari ke-5, lepuhan baru sudah tidak terbentuk lagi. Seluruh lepuhan akan mengering pada hari ke-enak danmengehilang dalam waktu kurang dari 20 hari. Air larutan PK dapat diberikan untuk mencegah infeksi sekunder karena bakteri. 

Kami lampirkan berbagai artikel untuk menambah wawasan Anda:

Cacar Air pada Anak

Bisakah Terkena Cacar Air Dua Kali?

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar