Sukses

Pembesaran Kelenjar Getah Bening

01 Jul 2014, 13:24 WIB
Wanita, 20 tahun.
Siang dok,saya mau nanya ni.Di belakang telinga saya yang sebelah kanan ada Keloid,waktu itu saya sudah periksa ke dokter.Ternyata sekarang ini di bawah ketiak sebelah kanan saya juga ada tumbuh benjolan,sifat benjolan nya si bisa d gerak-gerakin dok namun terkadanga juga sedikit nyeri.Kira-kira benjolan di bawah ketiak saya ini ada hubungan nya dengan Keloid yang ada di belakang telingan sebelah kanan saya dok? kebetulan saya juga belum periksakan ke dokter mengenai benjolan ini.Thanks.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran dan kegelisahan hati Anda. Untuk mendiagnosis benjolan diperlukan pemeriksaan fisik yang mendetil untuk mengetahui penyebab dasarnya. Antara lain perlu kami ketahui, jumlah, ukuran, lokasi tepat, warna, kekenyalan, apakah mudah digerakkan, permukaannya, apakah semakin membesar dengan cepat, dll.

Benjolan yang Anda rasakan, sepertinya merupakan pembesaran kelenjar getah bening dan bukan keloid (jaringan Parut) biasanya sifatnya kenyal, mudah digerakkan, permukaannya rata dan seringkali disebabkan oleh infeksi atau radang. Apakah Anda sedang sakit (pilek, batuk, sakit telinga, dll)? Jika infeksi di sekitar daerah leher atau wajah sudah teratasi maka pembesaran kelenjar getah bening biasanya juga ikut mengempis. Kelenjar getah bening memang terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar. Jika memang benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening, dan bila tidak juga mengempis, sebaiknya Anda kembali mengkonsultasikan dengan dokter spesialis menyangkut diagnosis benjolan pada Anda.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar