Sukses

Mengatasi Gigi Kuning dan Karang Gigi

18 Oct 2014, 21:46 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat siang dok, Dok, saya seorang karyawan swasta di Jakarta. Saya mempunyai masalah gigi kuning dan gigi berkarang. Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara mengatasi gigi kuning dan karang gigi tersebut, padahal saya sudah memakai pasta gigi, tapi tetap kuning dan berkarang? Bagaimana cara mengatasinya dok, padahal saya sudah banyak minum air putih dan makan buah buahan tapi karang gigi saya tidak hilang? Fitri , 26, Jakarta)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya mengerti kekhawatiran Anda. Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh). Makanan dan minuman seperti kopi, teh, wine serta kebiasaan  merokok dapat meyebabkan perubahan warna pada gigi, konsumsi obat antibiotik jenis tetrasiklin pada masa kanak-kanak atau pada ibu hamil juga menyebabkan terdapatnya perubahan warna yang cukup berat pada gigi .Perlu dipastikan terlebih dulu apa yang menyebabkan gigi Anda berubah warna/menguning, baru dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi Anda. Noda yang sudah terbentuk pada di gigi Anda tidak dapat dihilangkan hanya dengan menyikat gigi.

Mencegah terjadinya pembentukan karang gigi adalah dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi. Pembersihan karang gigi harus dilakukan, karena karang gigi yang dibiarkan dalam mulut dan tidak dibersihkan menyebabkan terjadinya keradangan gusi dan kemudian berlanjut pada tahap yang lebih parah yaitu keradangan jaringan pendukung gigi yang dapat menyebabkan goyangnya gigi dan selain itu karang gigi juga merupakan tempat bakteri berkembangbiak .Pembersihan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian, alat ultrasonic  ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akar. Dan tidak ada sejeni obat atau cairan tertentu yang dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca.

A-Z bleaching

Plak dan Karang Gigi

Pembersihan Karang Gigi Merusak Email?

Gusi Berdarah karena Karang Gigi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar