Sukses

Benjolan di Belakang Telinga, Bahaya atau Tidak?

17 Oct 2014, 19:24 WIB
Wanita, 33 tahun.
Slmt pagi dok.. Bayi saya berumur 9 bln, dia aktif dan lincah. Tapi dibelakang telinganya ada benjolan kecil sudah ada ketika umur 2 bln smpai sekarang. Yg ingin saya tanyakan, apa yg menyebabkan adanya benjolan itu dok? Dan apakah benjolan itu nantinya membesar? Dan apakah berbahaya dok? Terimakasih.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran dan kegelisahan hati Anda. Untuk mendiagnosis benjolan diperlukan pemeriksaan fisik yang mendetil untuk mengetahui penyebab dasarnya. Antara lain perlu kami ketahui, jumlah, ukuran, lokasi tepat, warna, kekenyalan, apakah mudah digerakkan, permukaannya, apakah semakin membesar dengan cepat, dll.

Benjolan yang merupakan pembesaran kelenjar getah bening biasanya sifatnya kenyal, mudah digerakkan, permukaannya rata dan seringkali disebabkan oleh infeksi atau radang. Apakah Anak Anda sedang sakit (pilek, batuk, sakit telinga, dll)? Jika infeksi di sekitar daerah leher atau wajah sudah teratasi maka pembesaran kelenjar getah bening biasanya juga ikut mengempis. Kelenjar getah bening memang terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar. Jika memang benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening, dan bila tidak juga mengempis, sebaiknya Anda kembali mengkonsultasikan dengan dokter spesialis anak menyangkut diagnosis benjolan pada anak Anda.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar