Sukses

Ingin Menumbuhkan Bulu Halus

20 Oct 2014, 02:48 WIB
Pria, 16 tahun.
Dok, saya mau tanya, Saya memiliki darah oriental yg scr genetik memiliki bulu yg tipis/tdk terlalu lebat, mulai dari kumis, bulu tgn dn bulu kaki . selama ini saya merasa sdikit krg percaya diri ketika melihat tman" sy yg memiliki bulu yg lebat dn terlihat lbh keren. Yang ingin saya tanyakan 1. apa resep alami agar memiliki kumis/ bulu yg lebat, terutama yg khasiat nya cepat ? 2. Kalau scr medis ,nama obat yg efektif apa? 3. Dan byk sekali org bilang kalau mencukur akan membuat bulu tumbh lebih lebat, apakah itu benar?
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kondisi yang Anda alami. Di dalam dunia medis sebetulnya tidak ada obat yang ditujukan untuk menambah bulu-bulu halus, terlebih resep alami seperti yang Anda sebutkan. Pertumbuhan bulu-bulu halus pada pria sangat dipengaruhi oleh faktor hormonal seperti hormon androgen. Pemberian hormon androgen sendiri memang bisa memberikan "efek samping" menumbuhkan bulu-bulu halus. Namun terapi hormonal tanpa indikasi yang tepat, misalnya kadar hormon Anda sebetulnya normal, dapat meningkatkan berbagai resiko keganasan seperti kanker prostat atau pembesaran kelenjar prostat. Kebiasaan mencabut bulu juga tidak serta merta membuat bulu tumbuh lebih lebat, karena lagi-lagi hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan hormonal.

Secara medis, untuk menumbuhkan bulu-bulu halus, alternatif yang dapat dilakukan salah satunya adalah transplantasi rambut. Transplantasi rambut dapat dilakukan dengan 2 cara: melalui rambut sendiri (biasanya rambut donor diambil dari rambut belakang tengkuk) atau rambut sintetis Penanaman rambut ini bisa dilakukan pada area tertentu yang ingin ditumbuhkan rambutnya misalnya kumis maupun janggut. Anda dapat mengkonsultasikan lebih lanjut mengenai hal ini ke dokter spesialis bedah plastik guna penanganan lebih lanjut.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Inilah Akibatnya Jika Teknik Mencukur Anda Salah

Solusi Kebotakan dengan Transplantasi Rambut

Demikian informasi yang kami berikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar