Sukses

KB Suntik 3 Bulan & Gangguan Menstruasi

25 Jun 2014, 12:58 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dok..desember'13 saya mnggunakan kb suntik 3 bln. Tapi dua minggu stelah suntik saya haid yg berkepanjangan. Cek ke dokter katanya krna efek samping kb ug gak ccok. Skarang sudah hampir 3 bulan lepas kb tapi kenapa siklus haid saya belum normal?kapan siklus haid saya bisa normal lg dok? Apakh efek samping kb tsb bisa hilang dgn sendri nya?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama.

Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan. 

Bila Anda ingin memastikannya, dapat konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan kandungan dan dilakukan pemeriksaan USG kandungan (jika diperlukan) untuk melihat apakah terdapat gangguan organ kandungan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar