Sukses

Batuk, Cacingan & Keluhan Lainnya

24 Jun 2014, 17:42 WIB
Pria, 3 tahun.
selamat malam dok. saya punya anak pertama lagi menderita batuk berdahak disertai flu dan demam, terkadang dia juga muntah dan diare namun tidak terlalu sering. bau nafas dimulutnya terasa bau dok dan kemungkinan terindikasi cacingan. apa tidak masalah jika saya minumkan secara keseluruhan obat-obat yang bisa menghandle tiap penyakit tersebut atau apakah ada 1 atau 2 obat saja dok yang bisa menghandle keseluruhan penyakit tersebut ?? kalau memang ada, kira-kira apa yah dok merek obatnya ??? rencana saya juga ingin minumkan obat cacing dok merek combantrine cuma kata orang tua obat cacing tersebut tidak bisa diminumkan kepada anak kalau sedang dalam kondisi demam karena beresiko pada kematian. apa benar begitu yah dok ?? dan sebaiknya apa dulu yang diprioritaskan untuk di sembuhkan yah dok jika anak saya ingin saya minumkan obat cacing tersebut ??? saya harap bisa di respon secepatnya dok. terima kasih sebelumnya.

Terimakasih karena Anda telah memilih untuk menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk anak Anda. Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). 

Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit anak. Sebab untuk kasus anak Anda sepertinya dibutuhkan pemeriksaan fisik lengkap dan juga pemeriksaan penunjang, terlebih keluhan yang terjadi pada anak Anda sangat banyak. Kami tidak dapat melakukan pemberian terapi obat tanpa adanya hasil pemeriksaan fisik yang sudah dilakukan sebelumnya. Dan pemberian obat juga diberikan sesuai indikasi masing-masing penyakit. 

Mengenai penyakit cacingan, obat cacing diberikan hanya kepada anak-anak yang terbukti cacingan. Anak cacingan tidak memberikan keluhan yang khas. Bisa saja keluhan yang muncul berupa berat badan tidak naik, kurang nafsu makan, atau bila berat bisa sampai pucat (anemia) dan buang air besar keluar cacing. Sehingga, untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan tinja (feces) untuk melihat apakah ditemukan telur cacing atau larva cacing di feses anak. Jika anak tidak cacingan dan tidak ada gejala-gejala cacingan seperti anak menjadi rewel, lesu, pucat, berat badan menurun dan perut kembung, maka anak tidak perlu diberikan obat cacing. Bagaimana dengan anak-anak Anda? Bagaimana dengan berat badan mereka?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

 

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter 

0 Komentar

Belum ada komentar