Sukses

Bintilan Kelopak Mata Bawah

23 Jun 2014, 17:57 WIB
Wanita, 21 tahun.
Selamat siang dok , saya mau tanya , mata saya sebelah kiri di kelopak mata bawah itu kenapa ada bintilan kuning ya ,, itu kenapa ya ? terima kasih .

 Ibu/saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bintilan dalam bahasa medis disebut  hordeolum yaitu benjolan kecil yang tumbuh di sekitar mata akibat infeksi bakteri (umumnya Staphylococcus sp.) pada kelenjar minyak di tepi jajaran bulu mata atau di bawah kelopak mata. Umumnya hordeolum berisi nanah yang apabila bertambah besar dapat menghalangi mata terbuka secara optimal menimbulkan kesulitan untuk melihat.

Penyebab dari hordeolum adalah infeksi bakteri, biasanya bakteri staphylococcus, yang menyerang kelenjar minyak kelopak mata.
Hordeolum tidak terlalu menular. Untuk meminimalkan penularan, perlu melakukan teknik cuci tangan yang benar sebelum menyentuh kulit di sekitar mata.

Kapan harus ke dokter??
Sebagian besar hordeolum akan sembuh sendiri, tidak berbahaya bagi mata dan tidak mengganggu penglihatan. Namun, anda dapat pergi ke dokter bila ditemukan salah satu dari masalah di bawah ini:

  1. Mengganggu penglihatan anda
  2. Terlalu sering terjadi
  3. Tidak hilang dengan sendirinya
  4. Tidak memberikan respon dengan pengobatan sendiri

Untuk kepentingan pengobatan maka kami sarankan anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis mata terdekat di kota anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar