Sukses

Muntah Bayi Disertai Bercak Kecoklatan

20 Oct 2014, 06:41 WIB
Pria, 31 tahun.
Selamat pagi dok, Beberapa hari yg lalu, istri saya baru saja melahirkan secara SC. dikarenakan istri saya pecah ketuban 3 minggu lebih awal dari perkiraan dokter, dan istri saya mengalami kesulitan dalam hal pembukaan, walaupun sudah diberikan perangsang. Kemudian, setelah bayi lahir, keesokan harinya bayi saya waktu di jemur, ngiler dan ada sedikit bercak kecoklatan dan malamnya malamnya memuntahkan susu yang disertai sedikit bercak itu lagi. Anjuran dokter dilakukan tes lab, dan hasilnya darah merah turun dan darah putih naik,kemudian diberikan suntikan (saya kurang paham suntikan apa). Dan keesokan harinya di tes lab kembali dan hasilnya darah merah dan darah putih sudah stabil kembali. Setelah saya bawa pulang, malamnya anak saya muntah susu lg dengan bercak itu kembali. Yang jadi pertanyaan saya, apakah bercak itu berasal dari pendarahan atau sisa2 air ketuban yang ada didalam tubuh bayi saya? dikarenakan bercak tersebut berwarna kecoklatan (mirip susu coklat) dan bukan merah darah. Sebagai catatan bayi saya aktif, nangisnya kencang, minum ASI nya juga lahap. Mohon dibantu penjelasannya. Terima kasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, salam kami untuk buah hati Anda. 

Bila bayi Anda hanya mengeluarkan cairan sedikit-sedikit maka kemungkinan hanya karena jumlah cairan yang masuk terlalu banyak ini biasa disebut gumoh. Namun, jika bayi muntah dengan jumlah yang cukup banyak perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut dengan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah ada masalah terkait dengan saluran cerna buah hati Anda.

Berikut penyebab bayi muntah disertai bercak kecoklatan :

  • Puting ibu yang terluka, lalu darahnya terhisap oleh bayi yang menyusui ASI
  • Darah ibu yang tertelan bayi saat proses melahirkan bisa terjadi pada proses melahirkan normal atau sectio caesarea. Namun hal ini jarang terjadi, biasanya darah keluar lewat feses. 
  • Perdarahan saluran pencernaan pada bayi 
  • Bayi yang memiliki gangguan liver
  • Bayi yang tertelan darahnya sendiri yang bisa terjadi akibat tindakan yang dilakukan pada saat lahir seperti suction (penghisapan lendir di saluran pernafasan bayi), tindakan ETT (Endotracheal Tube) atau Nasogastric Tube.

Kami sarakan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter anak Anda,agar dapat dilakukan kembali pemeriksaan fisik secara menyeluruh pada anak Anda sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan yang terjadi pada anak Anda..

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar