Sukses

Sering BAB dan Nyeri Perut

23 Jun 2014, 11:42 WIB
Wanita, 14 tahun.
Dear team klik dokter, Mohon di bantu untuk masalah bab yg terlampau sering. Baik itu sehabis makan mau pun sebelum makan. Anak saya beumur 14 tahun. Wanita. Terkadang dia mengeluh perutnya sakit Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk putri Anda dan seluruh keluarga. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.  Sebelumnya Kami ingin mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah intensitas BAB Anda selalu terjadi setiap hari atau pada waktu tertentu saja? Bagaimana kepadatan fesesnya? Bagaimana dengan jumlah setiap kali BAB? Bagaimana sifat nyeri perut yang dirasakan? Kapan saja nyeri perut dirasakan?

Terdapat beberapa organ di dalam rongga abdomen/perut yaitu usus, lambung, liver/hati, limpa, ginjal. Gejala yang ditimbulkan akibat kelainan organ-organ tersebut dapat berbeda-beda. Beberapa gejala yang dapat muncul secara umum contohnya:

  • Gangguan lambung/maag, GERD: mual, muntah, nyeri ulu hati, rasa panas di kerongkongan, rasa pahit di mulut, begah, perut kembung, sering bersendawa, dan sebagainya
  • Infeksi saluran cerna: demam, nyeri perut, diare, konstipasi, nafsu makan menurun, dan sebagainya
  • Kanker usus: BAB berdarah, penurunan berat badan, nyeri perut, dan sebagainya
  • Penyakit hati: kuning, BAK seperti teh, BAB warna pucat, dan sebagainya.

Apakah dari penjelasan diatas ada salah satu gejala tambahan yang dirasakan ketikan sering BAB? Kami sarankan agar putri Anda menemui dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik  dan memastikan diagnosis penyakit Anda. Berikut artikel yang dapat Kami berikan untuk menambah informasi Anda: 

5 Cara Cegah Gangguan Pencernaan

4 Makanan Penyebab Perut Kembung

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Mencegah Kembung

Demikian informasi yang dapat kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar