Sukses

Bercak Pada Penis

27 Jun 2014, 03:07 WIB
Pria, 23 tahun.
Saya mau Tanya dok, kulit pada ujung penis terdapat bercak yang kadang memerah. apakah itu jamur atau apa dok? namun tidak ada efek gatal atau perih. terima kasih sebelumnya dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bintik/bercak yang ada pada penis (biasanya berwarna keputihan) dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis bercak keputihan pada penis bisa menjadi sisa dari pengeluaran cairan terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Selain itu, pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan cairan lengket di kulup (frenulum) penis, yang merupakan hasil dari pengelupasan kulit dan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih, dan bercak ini disebut smegma. Seharusnya smegma atau bercak putih ini bisa menghilang dengan pembersihan dengan sabun.

Sulit bagi kami untuk melakukan diagnosis tanpa melakukan pemeriksaan langsung karena kelainan kulit memang paling baik didiagnosis melalui pemeriksaan langsung. Perlu diketahui lokasi dari bercak-bercak tersebut, bentuknya, konsistensinya, luasnya, sejak kapan disadari,apakah menimbulkan gatal,panas, dll. Untuk itu, jika memang mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis yang mendetil, pemeriksaan langsung dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar