Sukses

Sakit Mata Mudah Menular?

27 Jun 2014, 03:33 WIB
Pria, 33 tahun.
Mau tanya dok, kalau penyembuhan sakit mata itu normalnya biasanya berapa lama ya? Saya sudah periksa ke Dokter umum dan sudah diberi obat tetes mata dan oral (antiboitik). Kalau penularan penyakit mata apa mungkin melalui udara (ruangan ber-AC)? misalnya tidur di ruang yang sama dengan penderita. Saya khawatir anak & istri tertular penyakit saya. Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Pada penyakit mata akibat infeksi, kuman berada dalam sekret/cairan mata. Dan bergantung pada kuman penyebabnya, penularan dapat terjadi melalui udara, dari ibu ke janin selama kehamilan, dari ibu ke bayi saat  melahirkan, atau kontak dengan sekret/cairan mata, baik langsung maupun tidak langsung. Sebagai contoh: menggosok mata setelah berjabat tangan dengan penderita yang menggunakan tangan yang sama yang ia pakai untuk menggosok matanya, menggunakan handuk yang sama dengan yang digunakan penderita untuk membasuh mukanya, dsb.

Hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan menerapkan kebiasaan yang paling mendasar dan penting, yakni cuci tangan. Bagi penderita sangat dianjurkan untuk mencuci tangan setelah memegang serta mengobati mata, membuang tisu yang telah digunakan ke tempat sampah, serta memisahkan handuk yang biasa dipakai agar tidak terpakai oleh orang lain.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PN

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar