Sukses

Sering Pusing Setelah Duduk

24 Jun 2014, 12:35 WIB
Pria, 21 tahun.
saya sering merasa pusing atau kelihatan gelap pada saat mau berdiri setelah duduk berlama-lama mohon penjelasannya dok, sebelumnya terima kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mohon maaf atas keterlambatan dalam menjawab pertanyaan Anda, sebelum menjawab ijinkan kami menjelaskan tentang kelainan yang Anda rasakan. Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda dapat disebabkan oleh tekanan darah yang rendah, vertigo, ataupun anemia. Kami tidak dapat menyatakan mana penyebab dari yang Anda rasakan, namun keluhan Anda cenderung mengarah ke tekanan darah rendah.

Tekanan darah yang normal adalah 120/80 mmHg. Tekanan darah rendah (hipotensi) merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah menurun hingga dibawah 90/60 mmHg, walau tekanan darah memang bervariasi untuk setiap orang, bisa saja ada yang tekanan darahnya 80/60 namun tidak merasakan apa-apa. Gejala yang dapat muncul saat tekanan darah rendah adalah pusing hingga pingsan, sulit berkonsentrasi, mual, lemas, kaki dan tangan dingin, depresi hingga rasa haus yang berlebih. Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh banyak hal yang tidak serius, hingga beberapa penyakit seperti kelainan jantung, kehamilan, gangguan hormonal. 

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah : 

  1. Konsumsi garam yang lebih banyak
  2. Banyak minum air, hindari alkohol
  3. Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi)

Bila memang dengan tekanan darah tersebut Anda tidak merasakan keluhan seperti pusing, pusing saat bangun dari kursi maka tidak perlu dikhawatrikan. Namun bila memang Anda merasakan gejala, Anda dapat konsultasi ke dokter specialis penyakit dalam.  

Berikut kami lampirkan beberapa artikel untuk menambah wawasan Anda terkait tekanan darah:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar