Sukses

Sering Buang Air Kecil

23 Jun 2014, 13:18 WIB
Wanita, 31 tahun.
Selamat sore dok. . Langsung saja pada pertanyaan apakah seringnya buang air kecil berpengaruh pada kegiatan sexual? ? Dan apakah betul ada kebocoran pada kantung kemih sehingga menyebabkan seribg buang air kecil dan ketika berhubungan badan menyebabkan tidak bisa bertahan lama?? Terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Apakah seringnya buang air kecil berpengaruh pada kegiatan sexual?

Sering buang air kecil tidak berpengaruh pada kegiatan seksual, tetapi jika pertanyaannya sering buang air kecil dikarenakan kegiatan seksual bisa terjadi,yaitu kemungkinan terjadi infeksi saluran kemih akibat frekuensi dalam berhubungan seksual sering.

Ada beberapa penyakit yang sering menyebabkan kencing:

1.     Infeksi Saluran Kencing: infeksi saluran kencing menyebabkan keluhan sering BAK, nyeri, sedikit-sedikit, rasa tidak lampias (rasa ada sisa setelah kencing), bisa disertai dengan perubahan warna kencing menjadi keruh atau kemerahan. Infeksi saluran kencing dapat pula disertai dengan penyakit batu saluran kencing.

2.     Pembesaran kelenjar prostat: biasa terjadi pada pria yang sudah lanjut usianya >50 thn.

3.     Diabetes mellitus (kencing manis): ditandai dengan keluhan banyak minum, banyak makan, banyak kencing, penurunan berat badan, dan keluhan-keluhan tidak khas lainnya.

4.     Diabetes insipidus: kekurangan hormon antidiuretik atau kurangnya respon ginjal terhadap hormon antidiuretik. Kondisi ini menyebabkan jumlah air kencing yang berlebih.

Apakah betul ada kebocoran pada kantung kemih sehingga menyebabkan sering buang air kecil dan ketika berhubungan badan menyebabkan tidak bisa bertahan lama?

Kebocoran kantung kemih sebenarnya tidak ada istilah tersebut dalam medis. Proses terjadinya urin keluar adalah jika terjadi relaksasi dari otot sphincter eksterna. Mekanisme urin yaitu jika kandung kemih sudah penuh terisi urin, maka kandung kemih akan mengirim sinyal ke otak untuk merelaksasikan otot tersebut dan urin keluar.  Jika urin ditahan (menahan buang air kecil) maka otot sphincter akan berkontrasi. Jika terjadi kerusakan pada otot sphincter tersebut maka akan terjadi inkontinensia, yaitu suatu keadaan dimana seseorang tidak mampu untuk menahan jika ingin berkemih. Mungkin inkotinensia yang Anda mkasud.

Keadaan tidak mampu menahan saat ingin berkemih beda pengertiannya dengan sering buang air kecil. Dan hal tesebut sampai saat ini tidak ada keterkaitannya dengan tidak tahan lama bisa berhubungan seksual

 

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis urologi jika keluhan Anda dirasakan semakin mengganggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar