Sukses

Benjolan di Payudara Bertambah

20 Oct 2014, 02:42 WIB
Wanita, 24 tahun.
terimakasih atas jawabannya dok saya mengetahui benjolan itu sejak mei 2013.saya belum periksa karna rasa takut dok. menurut saya.benjolannya membesar tapi tidak begitu besar dok.hanya sedikit,yang saya takutkan dok ada benjolan kecil disebelahnya.apakah itu berbahaya?saya pernah konsul dengan dokter di kota saya.kemungkinan kelenjar mammae yg berkembang ketika menstruasi,begitu beliau menjelaskan. memang dok kalau menstruasi saya sering mengalami nyeri hinggah mual dan muntah san kaki saya juga kram. apakah ada hubungannya dok? saya dulu kuliah sambil kerja dok,sering pulang malam.saya juga sangat gampang masuk angin.. apa benjolan itu ada hubungan nya dengan gaya hidup saya? terimakasih banyak dok..mohon sarannya
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mohon maaf atas keterlambatan dalam menjawab pertanyaan Anda, sebelum menjawab ijinkan kami menjelaskan tentang kelainan yang Anda rasakan. Setiap benjolan abnormal didalam tubuh disebut dengan tumor. Kami sangat menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan sistematis mulai dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, hingga pemeriksaan penunjang lainnya. Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab dari tumor dan kanker.

Pada wanita di bawah usia 30 tahun, tumor tersebut kemungkinan besar merupakan tumor jinak yang disebutfibroadenoma mammae (FAM). FAM merupakan gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa dan terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat.

Selain FAM, penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary displasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita. Pada usia muda jarang sekali didapatkan tumor ganas pada payudara kecuali Anda memiliki riwayat keluarga dengan keganasan pada payudara, Anda perlu lebih waspada terhadap  benjolan di payudara. Segera berkonsultasi dengan dokter, karena semakin dini penanganan dilakukan semakin baik hasil yang didapatkan.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel untuk menambah wawasan Anda terkait tekanan darah:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar