Sukses

Menghilangkan Noda Hitam Diwajah

17 Oct 2014, 21:07 WIB
Wanita, 24 tahun.
selamat sore dok saya mau tanya dok..bagaimana pencegahan tumbuhnya flek hitam di daerah wajah? ada yg flek hitam karena jerawat dan yang tumbuh sendiri.dan flek hitam ada yg berkembang seperti tahi lalat.apakah itu berbahaya dok? adakah obat atau krim yang bisa menghilangkan flek tersebut? mohon saran nya terimakasih dokter
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mohon maaf atas keterlambatan dalam menjawab pertanyaan Anda, sebelum menjawab ijinkan kami menjelaskan tentang flek hitam. Noda hitam di wajah atau biasa disebut sebagai hiperpigmentasi memang agak sulit hilang, terkadang dapat memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Flek hitam di wajah dapat disebabkan oleh berbagai kondisi seperti terpapar sinat matahari, proses penuaan ataupun pengaruh hormonal. 

Mengatasi flek hitam yang timbul di wajah dapat diatasi dengan melakukan beberapa perawatan seperti krim hidrukuinon, chemical peeling atau mikrodermabrasi atau dengan menggunakan laser. Pemilihan cara perawatan biasanya berdasarkan berat ringan dan dalamnya flek.  

Oleh sebab itu, kami himbau Anda datang ke Dokter spesialis Kulit atau Klinik kecantikan kulit yang disupervisi oleh Dokter yang terlatih, untuk mengetahui sebab yang pasti dan pengobatan yang sesuai untuk flek di wajah. Kami tidak menyarankan Anda untuk membeli atau menggunakan suatu produk yang bukan diresepkan oleh dokter dan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Saat ini, tindakan yang dapat Anda lakukan adalah mencegah agar flek tersebut tidak bertambah banyak, dengan cara menggunakan:

  1. Sunblock atau tabir surya. Aplikasikan pada wajah Anda setiap hari untuk membantu mencegah timbulnya bintik hitam akibat sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.
  2. Mengkonsumsi vitamin C

Berikut adalah artikel yang dapat membantu menjelaskan pertanyaan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar