Sukses

Perbedaan Hasil Hepatitis C

20 Oct 2014, 03:09 WIB
Pria, 42 tahun.
Yth.Pengelola Klik Dokter.. Saya adalah Pendonor Darah Aktif dan sudah melakukan donor darah 9x. Pas donor terakhir saya mendapat pembertahuan berdasarkan uji saring darah donor saya diduga Anti HCV reaktif. padahal saya tidak pernah menerima darah, tidak freesex, tidak melakukan suntik narkoba dan pencetus lainnnya. tindakan yang telah dikalkukan: 1 Saya ke doknter SPD..dan hasil lab sbb.: - HBsAg : 0.4.0 Non reaktif - Anti HCV : 0.030 Non reaktif - SGOT : 25 - SGPT : 15 - Glukosa Darah Puasa : 94 2 Jam PP =118 - Glukosa Urine Puasa -/Negatif 2 Jam PP Negatif simpunan: semua normal. 2. Menurut Dokter SPD KGH, RSCM berdasarkan hasil leb saya tersebut, saya tidak ada indikasi terkena Hepatitis C. yang saya tanyakan...mengapa PMI menganalisa saya ANti HCV Reaktif? padahal hasil Lab RSCM menyatakan sebaliknya? Terima Kasih.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bisa jadi pada kondisi yang Anda alami, perbedaan hasil laboratorium Anda disebabkan oleh kesalahan yang dilakukan oleh pihak laboratorium ataupun adanya perbedaan standar misalnya karena kesalahan pengambilan atau penghitungan sampel darah. 

Sebetulnya jika dilihat dari hasil laboratorium Anda yang terakhir, dengan HbsAg negatif dan Anti HCV yang non reaktif dapat disimpulkan bahwa dahulu dan sekarang Anda tidak/sedang menderita hepatitis C. Terlebih lagi jika memang betul Anda tidak melakukan hal-hal yang dapat mencetuskan infeksi hepatitis C seperti yang Anda sebutkan. 

Namun jika Anda masih ragu terhadap validitas kedua hasil tersebut, Anda dapat melakukan pemeriksaan ulang di laboratorium atau di rumah sakit lain.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar