Sukses

Berhubungan Seksual Sebelum Menstruasi = Hamil?

20 Oct 2014, 10:19 WIB
Pria, 23 tahun.
dokter, istri saya bulan kemarin menstruasi tanggal 19. sejak hari senin (tanggal 16) istri saya sudah mengalami gejala akan menstruasi, seperti sakit perut bagian bawah dan nyeri payudara. kemarin (tanggal 18) saya dan istri saya melakukan hubungan seks. setelah melakukan seks, istri saya tidak lagi mengalami nyeri perut bawah lagi. tapi setelah melakukan hubungan seks istri saya minum jamu pelancar datang bulan. pertanyaan saya, apakah mungkin istri saya hamil? apakah mungkin terjadi pembuahan satu hari sebelum tanggal menstruasi? apa bisa langsung dites menggunakan test pack? untuk dites menggunakan test pack hasilnya bisaterlihat jika dites setelah berapa hari pembuahan?

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan coba menjawab pertanyaan Anda.

Apakah mungkin istri saya hamil?

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Kami sarankan istri Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui lebih pasti penyebab dari keluhan yang istri Anda rasakan. Karena dibutuhkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh untuk menegakkan suatu diagnosa penyakit.

Apakah mungkin terjadi pembuahan satu hari sebelum tanggal menstruasi?

Mungkin saja, namun kecil kemungkinan nya jika siklus haid istri Anda teratur, karena satu hari sebelum menstuasi sudah melewati masa ovulasi (masa subur). Pembuahan besar kemungkinan nya dapat terjadi jika hubungan intim dilakukan pada masa ovulasi (masa subur).

Apa bisa langsung dites menggunakan test pack?  untuk dites menggunakan test pack hasilnya bisa terlihat jika dites setelah berapa hari pembuahan?

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), istri Anda dapat mencoba test pack ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. 


Berikut akan kami bahas sekilas mengenai tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemih
  • pembesaran dan nyeri payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja .

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah: 

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar