Sukses

Berat Badan Ideal Anak 2 Tahun

20 Oct 2014, 00:26 WIB
Pria, 1 tahun.
Dok, anak saya lahir tanggal 18 des 2012.. bb ?9-10kg, tinggi ?80cm.. banyak yang bilang anak saya kurus sekali, daripada teman-teman sepantarannya yang agak berisi. Anak saya suka makan, aktif, masih minum ASI. Pertanyaan saya, apakah anak saya ini termasuk kurang gizi ya dok? Apakah perlu suplemen tambahan?? Terima kasih.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan kurva yang dikeluarkan oleh NCHS, sesuai dengan usia, berat badan anak Anda sebetulnya memang tergolong sedikit kurang. Berat badan yang ideal untuk seusia anak Anda seharusnya adalah 11 kg - 14,5 kg. Jadi ada baiknya berat badan anak Anda dapat ditambah. 

Bagaimana dengan aktivitas anak Anda? Apakah anak Anda tergolong anak yang aktif? Bagaimana dengan jadwal makannya? Apakah anak Anda sudah makan makanan utama (nasi, lauk, sayur) dengan jadwal yang teratur, 3x sehari, disertai camilan di sela-sela jadwal makan utama? Apakah anak Anda mau makan makanan utama atau hanya makan makanan camilan saja?

Pada dasarnya, anak-anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan kalori yang mencukupi. Kebutuhan akan sayur dan buah juga penting untuk asupan vitamin dan mineral. Hingga usia 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Bila anak Anda cukup aktif (sering berlari-lari, bermain) maka membutuhkan tambahan sekitar 400 kalori lagi. Sehingga anak Anda membutuhkan 1400 kalori setiap harinya. Hal ini dapat dipenuhi dengan porsi makan 3x sehari dengan takaran 1 piring nasi dengan jumlah nasi yang cukup besar, jumlah lauk yang cukup besar dan sayur. Di sela-sela jadwal makan 3x sehari dapat diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi. 

Untuk panduan informasi lengkap Anda mengenai tumbuh kembang anak, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang yang kami miliki. Anda juga dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak sebagai second opinion. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam kami untuk buah hati Anda. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar