Sukses

Tanda Awal Kehamilan

18 Jun 2014, 17:53 WIB
Wanita, 24 tahun.
selamat sore dok saya mau konsultasi. hari senin tgl 16 saya ada bercak sewaktu bekerja. nah sorenya saya mengeluarkan lendir seperti darah pth dan ada darah merah saya kira hari itu saya haid karena perut saya terasa skit seperti saya haid seperti biasanya. hari selasa tgl 17 saya bgn tdr tdk ada bercak haid di pembalut saya. nah siang waktu krj keluar lg bercak tp tdk bnyk seperti hari senin. hari itu saya merasa mual dr siang sampai mlm. hari rabu tgl 18 saya mengikuti anjuran saudara saya unt tes pack. dan hasilnya negatif. sewaktu tes itu saya tdk ada bercak sm sekali. dan waktu saya mau mandi saya mengeluarkan darah seperti haid warna merah dan ada lendir pth. tp wkt saya cek lg skrg d pembalut darah yg keluar berwarna coklat dan dr td sudah tdk keluar lg darahnya. dan siang saya merasa mual sampai sore ini. pertanyaan saya apa itu tanda2 hamil dok. krn saya jg merasa puting saya skit dan punggung bag bwah jg skit. triMa kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Flek bukanlah tanda awal dari ekhamilan, justru jika Anda hamil dan terjadi flek, Anda patutu waspada akan kehamilan Anda. Izinkan kami menjelaskan tentang berbagai tanda dan pemeriksaan awal kehamilan. Mari kita mulai dengan test pack.

Test pack

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba test pack ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Untuk itu, sebaiknya Anda menantikan terleih dahulu kedatangan haid Anda 1 minggu lagi.

Tanda Kehamilan

Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini?

Tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti&

    0 Komentar

    Belum ada komentar