Sukses

Suplemen Besi pada Pasien Thalasemia

19 Oct 2014, 09:51 WIB
Wanita, 32 tahun.
Dok, mau tanya. sy didiagnosa menderita thalasemia minor. hb saya 11,5. mcv 60. ferritin 46. saya dianjurkan konsumsi maltofer. apakah kerugiannya jk sy tdk konsumsi maltofer?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Maltofer adalah suplemen besi utnuk menambah kandungan besi Anda. Salah satu kejadian yang dapat dialami pasien Thalasemia adalah kekurangan besi. Apa sesungguhnya thalasemia dan hemoglobinopathy tersebut 'Thalasemia merupakan penyakit yang diturunkan. Pada penderita thalasemia, hemoglobin mengalami penghancuran (hemolisis). Sel darah merah penderita hemoglobinopathy juga mudah hancur. Hanya, penyebabnya berbeda. Pada thalasemia, penghancuran terjadi karena adanya gangguan sintesis (produksi) rantai hemoglobin atau rantai globin. Misalnya, salah satu rantai tidak ada. Pada hemoglobinopathy, yang mengalami gangguan adalah kualitas rantai globin. Jumlahnya tetap dua pasang. Tapi, kualitas salah satu rantainya menurun.

Karena kelainan pada rantai globin tersebut, hemoglobin pada penderita thalasemia dan hemoglobinopathy mudah pecah. Hemoglobin itu bisa hancur pabriknya atau saat hemoglobin diedarkan ke seluruh tubuh.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar