Sukses

Penyebab Bisul Sekitar Anus

17 Oct 2014, 18:25 WIB
Pria, 44 tahun.
Penyakit apa yg saya derita dipinggir lubang anus ada semacam bisul kecil yg sewaktu-waktu pecah dgn sendirinya. Penyakit ini sdh 5 tahun saya derita dan belum pernah saya keluhkan pada dokter atau ahlinya. Makasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kecemasan Anda. Namun, masalah kesehatan Anda adalah luka pada kelamin. Terlebih dahulu perlu diketahui penyebabnya. Luka pada kelamin dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, misal sifilis, herpes simpleks, atau luka lain. Perlu diketahui ukuran luka, apakah sakit, jumlahnya, letaknya, dan riwayat sebelumnya. Ada penyakit yang ditularkan oleh hubungan seksual dengan orang terinfeksi, namun ada juga penyakit yang tidak terkait hubungan seks.

Masalah luka pada kelamin tidak boleh diobati sembarangan tanpa pemeriksaan dokter terlebih dahulu dan tanpa diketahui penyebabnya karena penyakit dapat tidak sembuh dan infeksi menjalar ke bagian atas. Saya sarankan Anda mengunjungi dokter terlebih dahulu untuk diperiksa, ditentukan penyebab sakit baru kemudian diobati dengan obat yang tepat. Obat-obatan non antibiotik atau yang bersifat herbal tidak dapat mengatasi infeksi yang disebabkan karena bakteri atau virus. Namun pemberian antibiotik atau antivirus perlu diberikan dalam pemantauan dokter sesuai dengan hasil pemeriksaan.

Pemberian obat tidak dapat dilakukan sembarangan karena efeknya dapat menyebabkan kekebalan bakteri jika ternyata tidak tepat. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang optimal.

Kami juga menyarankan agar tidak melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan karena dapat menyebabkan terkena penyakit seksual. Jika Anda mengalami penyakit seksual maka istri Anda juga perlu diobati karena kemungkinan sudah tertular. Jika istri Anda tidak diobati maka dapat terjadi infeksi 'ping-pong'.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

 

Saat ini Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter karena perlu dilakukan pemeriksaan fisik langsung untuk mengetahui masalah kesehatan Anda. Setelah itu, barulah dapat dilakukan penanganan yang sesuai dan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

 

Salam,                                       

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar