Sukses

Mata Kedutan

20 Jun 2014, 14:54 WIB
Wanita, 18 tahun.
Dok . Saya mau tanya sudah seminggu mara saya selalu kedutan hanya sebelah kanan atas . Dan kadang seperti ada sesuatu di dalam mata . Dan terkadang mata saya perih ... yang buat saya semakin pakik adalah waktu saya mandi saya menggunakan sabun wajah .. ketika saya bilas air sabun itu masuk ke mata kanan saya . Perih .. padahal saya sudah tutup mata sekuatnya . Mata kiri saya tertutup rapat sedang kan yg kanan seperti tidak ada otot .. apa yang saya alami dokter ? Apakah sangat berbahaya atau hanya penyakit kecil ? Bagaimana cara mengatasinya agar sembuh terima kasih dokter... mohon di jawab ..
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Seberapa sering kedutan tersebut muncul? Sudah berapa lama keluhan muncul? Kedutan di daerah wajah termasuk di daerah bawah mata dapat disebabkan oleh fasikulasi atau tik fasialis. Tik fasialis biasanya melibatkan sekumpulan otot wajah. Bila kedutan hanya bagian di bawah mata saja, biasanya disebut tik fasikulasi. Hal yang dapat mencetuskan biasanya adalah hipokalsemia (kekurangan kalsium dalam darah). Cara mengatasinya dapat dengan menambah suplemen kalsium.

Tik fasikulasi yang muncul sewaktu-waktu dan tidak menyebkan keluhan lainnya tidaklah berbahaya. Namun jika sampai menyebabkan kelemahan otot di sekitar mta (mata tidak dapat menutup sempurna, tidak dapat membuka kelopak mata, dsb), Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut ke dokter saraf (neurolog) untuk mengatasi hal ini. Penanganan pertama untuk trauma kimia pada mata adalah dengan irigasi tau menyiram mata dengan air mengalir. Jika menyebabkan gangguan penglihatan setelah terkena trauma kimia, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis mata.

Kami sertakan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar