Sukses

Keguguran Karena Rubella dan CMV

20 Oct 2014, 04:34 WIB
Wanita, 27 tahun.
bulan januari saya mengalami keguguran pada usia kehamilan 3 bulan, setelah di tes darah ternyata igg rubela positif 69.7, igm rubela negatif dan igg cmv positif 158.5, igm cmv negatif. selanjutnya saya telah menjalankan terapi selama 2 bulan dan diberi acyclovir, lanaven, zegavit, dan glutrop. yang saya tanyakan: 1.perlukah saya terapi obat, sedangkan igg cmv dan rubela positif? 2.jika saya hamil saat terapi kedua ini, perlukah saya tetap meminum obat yang diberikan tersebut? 3.adakah makanan alami yang dapat menggantikan fungsi obat2 tersebut, terutama glutrop..karena harganya cukup mahal.? 4.apakah mungkin saya terkena infeksi virus yang sama kembali bila hamil lagi?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertanyaan Anda mengenai hasil TORCH yang telah Anda lakukan. Nilai IgG + biasanya menunjukkan infeksi lampau sedangkan jika IgM anda + menunjukkan infeksi saat ini. Dari hasil pemeriksaan Anda, didapatkan IgG rubella (+), IgM rubella (-), IgG CMV (+), IgM CMV (-). Artinya Anda pernah mengalami infeksi rubella dan citomegalovirus.

Bagi penderita yang sudah pernah terkena infeksi rubella sebelumnya maka tubuh akan membentuk sistem pertahanan (sistem imun) untuk melindungi diri dari infeksi ulang rubella. Sistem pertahanan tubuh ini ditandai dengan adanya hasil IgG anti-rubella yang positif, yang menunjukkan bahwa tubuh sudah pernah mendapatkan infeksi rubella sebelumnya. Dengan adanya sistem pertahanan tubuh terhadap rubella ini maka kalaupun terjadi infeksi ulang maka biasanya gejala yang ditimbulkan akan lebih ringan.

Glutrop adalah suplemen yang mengandung asam amino (protein). Suplemen ini aman digunakan untuk ibu hamil namun sebenarnya bisa didapatkan dari ikan, daging, dan makanan tinggi protein lainnya. Begitu juga dengan zegavit mengandung multivitamin yang sebenarnya terkandung dalam makanan. Namun dokter pasti memiliki pertimbangan sendiri kenapa memberikan suplemen tersebut untuk Anda. Acyclovir adalah anti virus. Sedangkan lanaven merupakan obat untuk wasir atau varises. Jika ingin menghentikan obat tersebut sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.

Beberapa tips yang dapat Kami berikan untuk menjaga kesehatan kehamilan anda dan mencegah terjadinya keguguran yang berulang antara lain:

  • Dengan adanya riwayat keguguran pada kehamilan sebelumnya, sebaiknya anda lebih ketat dalam memantau kehamilan anda saat ini. Dengan pemeriksaan kehamilan yang teratur, kondisi anda dan janin anda dapat terus terpantau oleh dokter, sehingga adanya kelainan dalam kehamilan dapat dideteksi secara dini.

  • Ubahlah pola hidup anda menjadi lebih sehat dengan memakan makanan bergizi seimbang

  • Konsumsi asam folat dan vitamin sesuai kebutuhan dalam kehamilan

  • Istirahat teratur

  • Berhenti merokok (termasuk suami anda) dan minum alkohol  

  • Hindari mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Minumlah obat sesuai indikasi dari dokter.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar