Sukses

Vertigo

17 Jun 2014, 11:28 WIB
Pria, 43 tahun.
Dok, Bagaimana menhaindari penyakit vertigo,jika terserang vertigo tindakan apa yg harus di lakukan,
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pusing biasanya disertai perasaan lingkungan seperti berputar bisa dikarenakan vertigo. Vertigo sendiri banyak penyebabnya, bisa dari organ mata, telinga atau otak. Jika pengangkatan kelenjar di daerah telinga namun tidak melukai telinga bagian dalam, seharusnya tidak menyebabkan keluhan pusing berputar. Izinkan kami menjelaskan tentang vertigo.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  1. Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  2. Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau spesialis syaraf? Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani. Kami tidak dapat meresepkan obat karena perlu dipastikan terlebih dahulu apakah Anda memang vertigo atau bukan, jika iya perlu dipastikan juga jenis vertigonya. 

Berikut kami sertakan artikel yang dapat membantu Anda:

Vertigo

Vertigo

Mengenal penyakit Vertigo

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim redaksi KlikDokter


0 Komentar

Belum ada komentar