Sukses

Gigi Berlubang dan Kehamilan

17 Jun 2014, 15:19 WIB
Wanita, 26 tahun.
Pagi dok.. mau tanya.. saya punya masalah gigi berlubang pada geraham atas kanan.. udah bertahun tahun sih dok,,kira kira berpengaruh tidak terhadap saya yg mau hamil ini.. saya pernah keguguran tepatnya desember tahun lalu.. itu saja pertanyaan saya dok.. terimakasih..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pada prinsipnya gigi yang berlubang harus dilakukan perawatan dan jangan dibiarkan, apalagi ditunggu sampai ada keluhan atau rasa sakit. Perawatan pada gigi berlubang dilakukan tergantung dari kondisi lubang pada gigi itu sendiri seperti kedalam, letak, luasnya lubang serta gigi mana yang mengalami lubang tersebut, dapat dilakukan dengan penambalan atau perawatan lainnya. Pada gigi yang berlubang dimana keadaannya sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan guna mempertahankan keberadaan dan fungsi gigi didalam rongga mulut maka pilihannya adalah tindakan pencabutan.

Resiko dari pembiaran gigi yang telah mengalami gangguan atau lubang adalah lubang dapat bertambah dalam dan gigi kemudian menjadi mati/nonvital. Selanjutnya bilamana gigi yang telah nonvital ini tetap dibiarkan maka dapat menimbulkan infeksi dan tempat masuknya kuman kedalam tubuh.

Apabila Anda memiliki rencana untuk hamil maka sebaiknya lakukan perawatan yang menyeluruh pada gigi dan rongga mulut Anda di dokter gigi bilamana memang terdapat keluhan atau kelainan, karena kesehatan gigi serta jaringan pendukungnya cukup berpengaruh terhadap masa kehamilan. Apabila tindakan perawatan gigi seperti penambalan dan pencabutan dilakukan pada masa kehamilan maka akan lebih rumit bila dibandingkan dengan perawatan tersebut dilakukan pada sebelum masa kehamilan. Dan telah dilakukan penelitian terhadap keterkaitan kelahiran prematur dengan penyakit jaringan pendukung gigi.

Berikut beberapa artikel yang dapat Anda baca

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

9 Mitos vs Fakta Perawatan Gigi Ibu Hamil

Gigi Palsu Solusi Gigi Ompong

Penyebab Gigi Berlubang?

Cara Menyikat Gigi dan Kebiasaan Makan Picu Gigi Berlubang

0 Komentar

Belum ada komentar