Sukses

Bekas Luka di Penis Menghitam

17 Oct 2014, 16:45 WIB
Pria, 24 tahun.
Dok..saya ingin bertanya..mengapa penis saya seperti ada bekas luka hitam lingkaran, dan berkeriput seperti kering? Ada kah solusi nya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Daerah selangkangan dan sekitar genitalia (penis) berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran juga disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perubahan hormonal, kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit.

Akibat faktor pencetus ini maka akan terjadi peningkatan produksi pigmen pada melanosit. Peningkatan produksi pigmen pada sel kulit akan menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap daripada sekitarnya.

Hiperpigmentasi ini tidak berbahaya. Yang diperlukan saat ini adalah menghindari faktor pencetus, menjaga kebersihan.

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Untuk itu perlu diketahui terlebih dahulu bekas luka yang terjadi pada Anda. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan terapi yang optimal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA) 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar