Sukses

Pap Smear & Rahim Miring

20 Oct 2014, 08:52 WIB
Pria, 50 tahun.
Dear Tim KlikDOKTER Dok saya mau tanya. Saya sudah menikah 5 th dan belum diberikan momongan. Istri saya sekarang sedang promil. Waktu promil istri saya dinyatakan normal dan telor bisa membesar. Istri saya juga melakukan papsmear. Dari hasil papsmear kata dokternya saluran rahim istri saya miring kekiri sehingga sperma saya selalu tumpah karena terhalang. Setelah saya tanya ke dokter promilnya kata dokternya papsmear tidak bisa melihat saluran rahim miring atau tidak. Saya jadi bingung. Terus seminggu yang lalu istri saya memakan 2 buah kurma muda. Karena banyak yang memberikan saran katanya makan kurma muda bisa cepet hamil. Ketika makan kurma muda perut sebelah kanan istri saya terasa kencang seperti kram dan keesokan paginya sekitar pukul 4.30 istri saya datang bulan padahal bln tanggalnya. Yang seharusnya di tanggal 22 Juni ini malah ditanggal 12 Juni sudah dapet. Nah yang ingin saya tanyakan : 1. Mana yang benar, dokter promil atau dokter papsmear. Sebagai orang awam saya jadi bingung. 2. Adakah hubungannya antara makan buah kurma muda dengan datang bulan istri saya. 3. Jika memang saluran rahim istri saya miring tindakan medis apa yang harus kami lakukan trus apakah di ilmu medis diperbolehkan berurut perut. Jawaban doker sangat saya tunggu sekali dan atas jawabannya nanti saya ucapkan terima kasih Hormat saya, Pasien

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda:

1. Mana yang benar, dokter promil atau dokter papsmear. Sebagai orang awam saya jadi bingung.

Pap smear adalah skrining untuk mendeteksi dini kanker leher rahim, jadi tidak dapat digunakan untuk mendeteksi kelainan anatomi organ reproduksi seperti rahim miring. 

2. Adakah hubungannya antara makan buah kurma muda dengan datang bulan istri saya.
Sayang sekali sampai saat ini belum ada penelitian medis yang menerangkan bahwa dengan konsumsi kurma dapat mempercepat menstruasi. 

 

3. Jika memang saluran rahim istri saya miring tindakan medis apa yang harus kami lakukan trus apakah di ilmu medis diperbolehkan berurut perut.
Dalam keadaan normal, rahim berada dalam posisi antefleksi dan anteversi. Posisi antefleksi adalah posisi fundus (bagian paling atas dari rahim) condong ke arah depan. Sedangkan anteversi berarti rahim sedikit naik terdorong ke depan. Posisi rahim yang abnormal dapat disebabkan oleh adanya kelainan dalam rongga panggul, seperti perlengketan atau desakan massa. Jika massa seperti kista terletak di sebelah kiri, maka posisi rahim akan terdorong ke kanan dan sebaliknya. Untuk memastikan penyebab posisi abnormal rahim, sebaiknya diperiksa langsung oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Sebaiknya tidak melakukan urut pada perut terlebih dahulu sebelum diketahui penyebab pastinya. 
 
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(DNA)
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar