Sukses

Pemeriksaan Hepatitis B

16 Jun 2014, 11:08 WIB
Wanita, 21 tahun.
Assalamu'alaikum, Selamat pagi dok.... Hasil lab HBV-DNA (real Time PCR)# virus terdeteksi >1.70 * 10^8 denagn nilai rujukan Virus tidak terdeteksi satuan IU/ml keterangan Limit of detection (LoD) : 2.00 * 10^1 HBeAg # Reaktif Metode : CMIA.... bagaimana dengan hasil lab tersebut....? Terima Kasih atas bantuannnya.....

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda, namun sayang sekali kami kesulitan dalam menginterpretasikan simbol-simbol yang Ada tulis (#, *). Sekilas kami akan mencoba menjelaskan mengenai pemeriksaan hepatitis b yang sudah Anda lakukan.

HBeAg (hepatitis B e-antigen).

Protein ini hanya ditemukan jika virus aktif bereplikasi (infeksi aktif). HBeAg sering kali digunakan sebagai penanda (marker) kemampuan penyebaran virus ke orang lain (infectivity)

HBeAg positif: virus aktif memperbanyak diri dan penderita dapat menularkan virus hepatitis B ke orang lain.

HBeAg negatif : virus sedang tenang dan tidak aktif bereplikasi, penderita tidak dapat menularkan virus ke orang lain. Tetapi sebagai catatan, beberapa galur virus hepatitis B tidak memproduksi protein HBeAg walaupun sedang aktif memperbanyak diri.

HBV DNA

HBV DNA adalah tes yang lebih sensitif dibandingkan dengan HBeAg untuk mendeteksi virus di dalam aliran darah. Biasanya digunakan sebagai pemantauan terapi pada pasien dengan infeksi HBV kronis.

HBV DNA positif atau reaktif : Adanya virus yang mampu menyebar pada orang lain.

 

HBV DNA negatif : Virus tidak dapat menyebar ke orang lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar