Sukses

Operasi Hidung Bengkok

20 Oct 2014, 10:03 WIB
Pria, 24 tahun.
Assalamualaikum wr, wb.... beberapa waktu yang lalu setelah dilakukan CT scan dokter mengatakan sy menderita rinitis alergi dan harus segera melakukan operasi konka dan meluruskan tulang hidung yang bengkok. tetapi ada beberapa bertanyaan yg blm sy tanyakan kpd dokter tsb. sy ingin menanyakan hal ini kpd klik dokter, yang menjadi pertanyaan sy adl: 1.mengapa konka bisa menyebabkan tulang hidung benkok? 2.jika tidak segera dilakukan operasi apa kira2 efek yang selanjutnya sy alami? 3.bagaimana cara dilakukan operasi? apakah sayatan atau sedotan? 2.jika dilakukan operasi kira2 berapa lama (standar) waktu sy diopname diRS? terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Nampaknya yang dimaksudkan hidung bengkok adalah deviasi septum atau pembatas rongga hidung yang miring posisinya. Hal ini biasanya tidak dipengaruhi oleh konka namun malah sebaliknya mempengaruhi konka.

Jika tidak diatasi segera dapat menyebabkan keluhan hidung mampet dan dengan adanya riwayat rinitis alergi maka dapat berkembang menjadi sinusitis.

Hidung mampet merupakan suatu keadaan dimana terjadi pembengkakan pada lapisan dinding hidung yang diakibatkan oleh peradangan. Dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti : Alergi, influenza atau infeksi saluran pernafasan atas, deviasi septum, sinusitis, polip nasal, rhinitis vasomotor, dan rhinitis medikamentosa (akibat obat-obatan), serta GERD (asam lambung yang naik ke kerongkongan). Pengobatan disesuaikan dengan penyebab dari hidung tersumbat anda, untuk mendiagnosa penyebab dari hidung tersumbat anda dibutuhkan pemeriksaan hidung, oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan  diri anda ke dokter specialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan secara pasti. 

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat untuk Anda:

Teknik operasi dan lama perawatan sangat bergantung dari tingkat kesulitan kondisi Anda. Untuk itu hal ini paling baik disikusikan dengan dokter yang menangani Anda yang paling mengetahui kondisi hidung Anda saat ini.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar