Sukses

Luka pada Kelamin

16 Jun 2014, 12:16 WIB
Pria, 35 tahun.
Saya mau bertanya dok. Sekitar 10 bulan yg lalu saya pernah merasakan perih di sekitar kepala kemaluan. Tepatnya bagian lepitan antara kepala kemaluan bagian bawah (saya tidak disunat) Perih itu saya alami berikut rasa gatal.. lalu timbul seperti lecet. Bila berhubungan suami istri sangat perih dan timbul seperti sariawan berwarna putih di sekitarbagian tsb. Saya malu memeriksakannya ke dokter. Dan teman saya menganjurkan untuk memberikan acyclovir 400 untuk diminum dan virugon pada luka. Saya meminum acyclovir 4x2butir dan memakaikan virugon pada bagian yg timbul seperti sariawa dan menaburkan bubuk acyclovir 400 yg dihaluskan. Setelah 3 hari... keadaan tersebut sembuh dok. Setelah beberapa bulan+-3bulan mulai timbul seperti bintil2 yg menumpuk pada bagian tersebut juga. Kembali saya malu untuk ke dokter saya mencari gambar apa itu. Ternyata yg saya ketemukan adalah condyloma dok. Bentuknya menyusun seperti bintil2 kecil yg menumpuk. Saya dapat perhatikan karena saya memfotonya dan memperhatikannya saat di zoom.lalu saya coba untuk memakaikan calusol untuk membakar bagian tersebut....sambil mengoleskan virugon... setelah 4 hari kulit bagian tersebut mengelupas dan sembuh dok.. licin seperti sediakala.... Tapi.... 3 bulan kemudian timbul lagi tapi beda dok. Bentuknya seperti kapalan menebalberbentuk bulatan biasa saja tidak menyusunbila lembab terlihat seperti sariawan.. pbulatannya putih2. Kembali saya lakukan dengan calusol dan virugon hilang lagi.... tapi mmasih berbekas putih di bagian bawah kulit...... nah kali ini 3 bulan kemudian dia menebal lagi dan lebih tebal dok... dan pada saat diberikan calusol... saya lihat pada saat kulitnya mengelupas terlihat seprti luka yg agak bernanah dok..... saya jadi bingung dok.... apakah ini yg namanya sifilis....... tolong bantu saya dok terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kecemasan Anda. Namun, masalah kesehatan Anda adalah luka pada kelamin. Terlebih dahulu perlu diketahui penyebabnya. Luka pada kelamin dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, misal sifilis, herpes simpleks, atau luka lain. Perlu diketahui ukuran luka, apakah sakit, jumlahnya, letaknya, dan riwayat sebelumnya.

Apakah Anda memiliki riwayat hubungan seksual tidak bertanggung jawab/aman sebelumnya?

Masalah luka pada kelamin tidak boleh diobati sembarangan tanpa pemeriksaan dokter terlebih dahulu dan tanpa diketahui penyebabnya karena penyakit dapat tidak sembuh dan infeksi menjalar ke bagian atas. Saya sarankan Anda mengunjungi dokter terlebih dahulu untuk diperiksa, ditentukan penyebab sakit baru kemudian diobati dengan obat yang tepat. Obat-obatan non antibiotik atau yang bersifat herbal tidak dapat mengatasi infeksi yang disebabkan karena bakteri atau virus. Namun pemberian antibiotik atau antivirus perlu diberikan dalam pemantauan dokter sesuai dengan hasil pemeriksaan.

Pemberian obat tidak dapat dilakukan sembarangan karena efeknya dapat menyebabkan kekebalan bakteri jika ternyata tidak tepat. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang optimal.

Apakah Anda melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan? Kami juga menyarankan agar tidak melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan karena dapat menyebabkan terkena penyakit seksual. Jika Anda mengalami penyakit seksual maka istri Anda juga perlu diobati karena kemungkinan sudah tertular. Jika istri Anda tidak diobati maka dapat terjadi infeksi 'ping-pong'.

Saat ini Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter karena perlu dilakukan pemeriksaan fisik langsung untuk mengetahui masalah kesehatan Anda. Setelah itu, barulah dapat dilakukan penanganan yang sesuai dan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,                                       

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar