Sukses

Gigi Ngilu

16 Jun 2014, 11:11 WIB
Pria, 26 tahun.
selamat siang dokter.begini dokter saya mau konsultasi,sudah 3hr ini mulut saya terasa asam n gigi ngilu klo makn/minum yg dingin2,kira2 penyebabnya apa ya dok??pdhl sya udh sikat gigi pakai sensodyne 2x 1hr n lidah jg sya sikat.apa asam lambung tinggi bsa jd penyebabnya dokter??soalnya akhir2 ini saya kyk kena asam lambung kadang terasa sakit kadang tidak.soalnya perut terasa nyeri n panas,dada nyeri n bernafas jg terasa gk enak.tlng solusinya dokter,makasih dokter
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gigi yang ngilu karena ada rangsangan makanan dan minuman yang dingin dapat berindikasi keadaan gigi sensitif. Penyebab umum dari gigi sensitif adalah gusi yang resesi/turun, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya, permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota. Gusi resesi dapat disebabkan karena cara sikat gigi yang salah, misalnya arah penyikatan gigi horizontal (seharusnya atas-bawah dengan sedikit memutar) apalagi dengan tekanan yang berlebihan, dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras. Selain hal ini pola makan yang banyak mengandung asam juga dapat merusak permukaan gigi yang kemudian menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Gigi karies (berlubang) juga dapat menimbulkan gejala rasa ngilu. Bedanya, karies terjadi karena infeksi bakteri dan lubang dapat terjadi dengan cepat sedangkan gigi sensitif sebetulnya tidak ada lubang gigi. Untuk memastikan penyebab yang sesungguhnya dari rasa ngilu yang Anda rasakan, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi segera.  Mengatasi gigi sensitif ini dapat dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, tetapi karena keadaan masih berlanjut maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi.

Dalam kaitannya dengan keluhan Anda pada perut dan dada maka sebaiknya hal ini dikonsultasikan dengan dokter umum.

Berikut artikel yang dapat menambah informasi untuk Anda, seputar gigi sensitif

Inilah 7 Tips Gigi Sensitif

Satu dari Delapan Orang Menderita Gigi Sensitif

Mengunyah Saat Tidur, Penyebab Gigi Sensitif

 Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar